BREAKING NEWS
 

Gelaran Teknologi Tepat Guna XXIV Jadi Ajang Inovator Desa Unjuk Gigi

Reporter : DIDI RUSTANDI
Editor : FAZRY
Senin, 5 Juni 2023 12:59 WIB

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Desa PDTT: GTTGN XXIV Jadi Ajang Inovator Desa untuk Unjuk Gigi Gelaran Teknologi Tepat Guna Nusantara (TTGN) XXIV merupakan ajang tahunan bagi para inovator desa untuk unjuk gigi memamerkan inovasi teknologi.

Lewat ajang tersebut, selalu ada inovasi baru yang bisa membuka pintu kemajuan bagi desa-desa di Nusantara.

Demikian disampaikan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Menteri Desa PDTT) Abdul Halim Iskandar dalam siaran pers yang diterima RM.id, Senin (5/6/2023).

Sebelumnya, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) telah menetapkan Provinsi Lampung sebagai tuan rumah Gelar TTGN XXIV Tahun 2023.

Ajang pameran berbagai teknologi tepat guna dari desa dan kelurahan tersebut dilaksanakan pada Kamis (1/6/2023) sampai Minggu (11/6/2023) di Pusat Kegiatan Olahraga (PKOR) Way Halim, Bandar Lampung, Provinsi Lampung.

Sebagai perwakilan tuan rumah, Kepala Dinas (Kadin) Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Transmigrasi (PMDT) Provinsi Lampung Zaidirina mengatakan, terpilihnya Lampung sebagai tuan rumah merupakan suatu kehormatan.

Baca juga : Gus Halim: Pondok Pesantren Pilar Pembangunan Desa

“(Acara ini sekaligus) bentuk kesuksesan gubernur dan wakil gubernur (wagub). Kami siap menampilkan teknologi dari desa-desa di Lampung, beserta keunggulan teknologi informasi dan wisata desa,” ucapnya.

Zaidirina menjelaskan, rangkaian kegiatan pertama TTGN XXIV adalah pasar rakyat dengan panggung hiburan yang digelar sejak 1 Juni 2023 di PKOR Way Halim, Bandar Lampung.

“Pada Selasa malam, (6/6/2023), diselenggarakan Gala Dinner untuk menjamu para tamu yang hadir dari 37 provinsi. Para pemenang lomba tingkat Provinsi Lampung juga mendapatkan hadiah malam itu,” jelasnya.

Sementara itu, lanjut Zaidirina, acara pembukaan TTGN XXIV dilaksanakan keesokan harinya, pada Rabu (7/6/2023).

Adsense

Kepala Pusat Daya Saing Kemendesa PDTT Helmiati Nuhung menyampaikan, acara TTGN XXIV akan dibuka langsung pimpinan lembaga tinggi negara.

“(Setelah itu dilanjutkan) pengumuman pemenang sekaligus pemberian hadiah lomba TTG tingkat nasional,” ujarnya.

Baca juga : Ini Tiga Pesan Gus Halim Ke Pejabat Kemendes PDTT

Melanjutkan pernyataan Helmiati, Zaidirina mengatakan, pihaknya akan mengajak seluruh pihak terkait untuk mengunjungi stand pameran satu per satu.

“Lebih dari 150 stand teknologi tepat guna didirikan berbagai provinsi, swasta, sekolah menengah kejuruan (SMK), dan kementerian,” imbuhnya.

Fasilitas TTGN XXIV

Selain stand, disediakan pula ruangan temu bisnis, antara para inovator dari desa dengan swasta yang memiliki minat luas pada teknologi tepat guna.

Pada ruangan yang sama juga disiapkan konsultasi dengan Bengkel Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) dari Kemendesa PDTT.

Kemendesa PDTT memberikan dukungan penuh dan gratis bagi inovator desa untuk mendaftarkan HAKI atas karyanya.

Tak hanya itu, Kemendesa PDTT juga akan mendampingi proses untuk kebutuhan sertifikasi alat, paten teknologi, paten merek, indikator geografis, juga sertifikat benih varietas baru dari desa.

Baca juga : Gus Halim: Pembangunan Desa Mustahil Terlaksana Tanpa Data

Dalam TTGN XXIV menghadirkan panggung sebagai wahana presentasi para inovator, swasta dan pemerintah daerah (pemda) yang teruji mendukungnya.

Tak kalah menarik, para peserta akan dihibur penampilan dari Andika Babang Tamvan dan Ningrat Band yang ikut meramaikan panggung. Selain itu, disuguhkan pula Tarian Kreasi Cak Culay.

Dalam rangkaian acara TTGN XXIV, para peserta dari berbagai provinsi juga diajak langsung berwisata ke Pantai Sari Ringgung, Kabupaten Pesawaran.

Wisata bahari tersebut populer akan pantai berpasir putih dan lembut, dengan laut yang tenang. Selain ke pantai, peserta akan diajak mengunjungi Desa Cerdas di Desa Hanura. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense