BREAKING NEWS
 

Musim Hujan, Cek Kondisi Kendaraan Anda Supaya Aman

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Selasa, 17 Desember 2019 17:38 WIB
Penumpang sepeda motor menerobos hujan, menggunakan panci besar untuk menutupi kepala di kawasan Cawang, Jakarta Timur, Selasa (17/12). Pengendara wajib untuk mengutamakan keselamatan saat memasuki musim hujan. (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Memasuki musim hujan, para pengendara harus ekstra waspada di jalan. Jika tak hati-hati, kecelakaan bisa saja terjadi. Maklumlah, akibat faktor cuaca yang kurang mendukung, jalan menjadi rusak, tergenang, dan licin .

Inilah beberapa tips berkendara saat musim hujan, agar lebih aman dan nyaman,  seperti dilansir Polda Metro Jaya melalui kanal media sosialnya, Selasa (17/12):

Periksa semua lampu kendaraan.

Baca juga : Gunung Meletus di White Island, Tak Ada Tanda-tanda Kehidupan

Cek apakah semua dapat berfungsi dengan baik, supaya Anda dapat melihat di jarak pandang yang terbatas karena hujan. Nyalakan lampu utama, meski di siang hari dan hujan rintik-rintik. Karena ini membantu pengendara lain melihat kendaraan anda.

Adsense

Periksa kondisi tekanan udara dalam ban, dan kedalaman alur ban.

Periksalah secara rutin minimal seminggu sekali. Kondisi tekanan ban yang cukup, dan alur ban yang masih baik akan menghindari kendaraan anda melayang di atas air (aquaplaning) dan tergelincir (slip) pada saat hujan.

Baca juga : Lagi, KPK Garap 7 Mantan Anggota DPRD Muara Enim

Jangan mengambil risiko dengan menggunakan ban yang sudah tipis.

Periksa kondisi kontrol utama komponen kendaraan Anda.

Cek kemudi, pedal rem, gas maupun kopling. Apakah komponen utama itu sudah dalam kondisi baik? Berikan perawatan ekstra selama musim hujan.

Baca juga : Ini Cara Mengatasi Katarak dan Pencegahannya

Ini penting untuk mengantisipasi keadaan darurat, atau akibat kesalahan orang lain yang dapat menyebabkan kecelakaan. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense