BREAKING NEWS
 

Cegah Penularan Covid

FKGM-P Usakti dan Alsun Suksesindo Bangun Ruangan Bertekanan Negatif di Ruang Praktik Dokter Gigi

Reporter & Editor :
SRI NURGANINGSIH
Jumat, 20 November 2020 06:40 WIB

 Sebelumnya 
Ia mengatakan untuk penggunaan ruangan negatif seperti ini di Indonesia masih sangat jarang ditemukan. Di RSGM-P FKG Usakti, sebanyak 27 ruangan bertekanan negatif dibangun. Ruangan tersebut terdiri atas 18 ruangan di Klinik Integrasi yang digunakan untuk Pendidikan profesi dokter gigi, 7 ruangan di klinik PPDGS (Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis) yang digunakan untuk pendidikan dokter gigi spesialis konservasi gigi, dan 2 ruangan di Klinik Eksekutif yang digunakan untuk pelayanan spesialistik gigi dan mulut.

Adsense

“Tujuan dari dibuatnya ruangan bertekanan negatif ini adakah kita ingin keamanan bagi pasien dan dokter, mencegah penularan Covid-19. Kita selalu berorientasi pada pelayanan yang baik di RSGM Usakti dan kita upayakan selalu.

Bagi kami, pelayanan yang terbaik dan proses pendidikan yang baik untuk Coas maupun Residen. Dan kita ketahui bahwa FKGM swasta, baru RSGM-P FKG ini yang satu-satunya memiliki (fasilitas ruangan tekanan negatif-red),” ujarnya.

Baca juga : Ingat Selalu Ya, Jangan Lengah, Jangan Anggap Enteng Prokes

Pembangunan ruangan negatif di RSGM-P Usakti ini sendiri tak lepas dari peranan penting PT Alsun Suksesindo yang saat ini terus berjuang bersama pemerintah dalam memerangi penyebaran Covid-19, melalui sektor konstruksi yang telah mereka tekuni sejak berdiri tahun 1988 silam.

Sejak masa pandemi Covid-19, PT Alsun Suksesindo terus melakukan inovasi pada instrument baja ringan yang mereka produksi sehingga bisa bermanfaat untuk membantu mencegah penyebaran virus berbahaya ini.

“Mengingat pesan Bapak Presiden Joko Widodo bahwa Keselamatan Rakyat Adalah Hukum Tertinggi, maka PT Alsun Suksesindo berkomitmen untuk terus membangun fasilitas penanganan Covid-19. Kami mengerjakan negatif room di FKG Usakti ini adalah proyek yang kesekian kalinya untuk fasilitas penanganan Covid-19, ungkap Marketing Director PT Alsun Suksesindo, Nicolas Kesuma. 

Baca juga : Silaturahmi Jalan, Tetapi Jangan Lupa Jaga Prokes

"Yang pertama kali kami kerjakan adalah di RS Pulau Galang. Lalu di UGM Yogya, lalu di RS Adam Malik Medan. Dan untuk di Jakarta, di Rumah Sakit Pendidikan Gigi dan Mulut ini adalah yang pertama kali kami dirikan, "ujar Nicholas, Jumat (20/11).

Tak hanya itu, Nicholas mengatakan ada juga ruang ante di mana tekanan udara dalam ruangan negatif dirancang lebih rendah dari tekanan udara di luar ruang.

"Dengan desain tersebut, aerosol yang terbentuk dari prosedur perawatan akan ditarik keluar dari dalam ruang isolasi melewati serangkaian filtrasi dan terakhir disaring dengan hepafilter sehingga udara yang keluar aman dan tidak mencemari lingkungan sekitar," pungkas Nicholas. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense