BREAKING NEWS
 

Mau Gampang Cari Kerja? Simak Tips Bos BUMN Dengan 2,7 Juta Follower Tiktok

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Senin, 27 September 2021 12:11 WIB
Asisten Direktur MIND ID sekaligus influencer Tiktok, Vina A Maulina Omar (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Kedua, kumpulkan pengalaman magang dan volunteer. 

Menurut Vina, setelah mengeksekusi dan memproyeksikan beberapa rencana masa depan, kamu bisa mengikuti berbagai macam kegiatan yang sesuai dengan keinginanmu. Seperti kegiatan volunteer atau internship.

Dua kegiatan itu bisa menunjang skills kemampuan bekerja. Mengikuti organisasi juga bisa jadi cara mujarab lainnya untuk menambah pengalaman sekaligus koneksi.

Selain itu, berorganisasi juga dapat menambah kemampuan kepemipinan bagi mahasiswa.

Baca juga : TNI Dan Polri Kembali Baku Tembak Dengan KKB Di Kiwirok Papua

“Sangat banyak manfaat dalam magang, volunteer, dan berorganisasi buat para mahasiswa sebagai bekal di masa depan. Tingkatnya juga bermacam-macam, mulai dari kegiatan dan organisasi jurusan, kampus, hingga di luar kampus. Dengan pengalaman ini, ketika teman-teman sudah lulus kuliah, akan kompetitif saat bersaing dalam mencari kerja maupun bagi yang menginginkan untuk buka usaha sendiri,” terangnya.

Ketiga, bangun personal branding. Ini adalah langkah awal yang baik. Media sosial seperti Linkedin dan Karirlink bisa menjadi sarana kita untuk menampilkan pengalaman dan portofolio pekerjaan.

Dengan tampilnya profil kita, maka kita akan mudah dikenal oleh para perusahaan.

“Media sosial bisa kita manfaatkan secara positif. Apalagi bos-bos dan HRD (pihak rekrutmen dari perusahaan), juga banyak yang menggunakan media sosial tersebut. Tidak sedikit orang yang mendapatkan pekerjaan, bahkan ditawari pekerjaan tanpa melamar, karena menampilkan profilnya di media sosial,” lanjut Vina.

Baca juga : Dukung Percepatan Pengendalian Covid-19, Bodrex Bagikan 2,5 Juta Masker

Arfina Maulina, Mahasiswi Universitas Bina Nusantara yang sempat viral karena magang di 6 tempat sekaligus, menambahkan tips keempat seputar membangun jaringan.

Dalam rangka mendapatkan pekerjaan impian, jaringan menjadi sangat penting. Koneksi dengan kepercayaan dengan sosok di dalam suatu perusahaan akan memudahkan dalam pencarian kerja.

Di masa modern dengan kecanggihan teknologi, jaringan semacam itu kini dapat dimiliki oleh siapa saja. Misalnya dengan cara berteman di media sosial, bergabung dalam satu forum komunitas atau seminar, hingga kolaborasi dalam bidang ilmu maupun pekerjaan yang sejenis.

Menurut Arfina, membentuk networking dan mengambil ilmu yang banyak dari pengalaman yang kamu dapatkan. Semakin luas ilmu dan networking yang dimiliki, maka semakin luas pula kesempatan berkarir di masa yang akan datang.

Baca juga : Dubes Kamapradipta Ismono, Bahas Kerja Sama Dengan Raja Gustaf

"Dengan kecanggihan teknologi, jaringan seperti itu kini bisa dimiliki oleh siapa saja,” pungkas Arfina. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense