Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Liga Europa

Rasis Ke Ibra, RS Belgrade Didenda Rp 525 Juta

Jumat, 16 April 2021 11:03 WIB
Zlatan Ibrahimovic. (Foto : Istimewa)
Zlatan Ibrahimovic. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) akhirnya menjatuhkan sanksi berat ke klub asal Serbia, Red Star Belgrade, setelah terlibat pelecehan rasis terhadap bintang AC Milan, Zlatan Ibrahimovic, di pertandingan Liga Europa.

Selain sanksi denda, UEFA juga menghukum Red Star Belgrade dengan bermain tertutup alias tanpa penonton di kom- petisi Eropa.

“Red Star Belgrade akan dijatuhi denda sebesar 30 ribu euro (setara dengan Rp 525 juta). Mereka juga harus memainkan dua pertandingan kandang berikutnya secara tertutup. Ini karena perilaku rasis para pendukungnya,” tulis UEFA dalam pernyataannya seperti dikutip dari Sky Sport, kemarin.

Baca juga : Arsenal Vs Slavia Praha, Asa Terakhir The Gunners

Hukuman ini dijatuhkan UEFA terhadap Red Star Belgrade lantaran perilaku rasis dan pelanggaran protokol Covid-19 saat melawan AC Milan pada babak 32 besar Liga Europa, Februari 2021 lalu.

Di laga tersebut, seseorang tak dikenal yang duduk di kotak VIP tribun Red Star Belgrade diketahui meneriakkan ejekan rasis kepada Zlatan Ibrahimovic saat jalannya pertandingan. Oknum tersebut menyerukan ujaran dengan meneriakkan kata ‘Balija’.

Balija bermakna penghinaan etnis untuk seorang Bosnia yang digunakan bertahun-tahun oleh nasionalis Serbia. Sang bintang AC Milan terlihat tidak bereaksi sama sekali ketika mendapat tindakan rasis dari suporter Red Star Belgrade. Namun yang menjadi pertanyaan besar, mengapa ada suporter Red Star Belgrade ketika laga seharusnya dimainkan tanpa penonton.

Baca juga : AS Roma Vs Ajax, Wakil Italia Di Kaki Serigala

Pihak Red Star Belgrade sejatinya sudah meminta maaf kepada Milan dan Ibrahimovic serta berjanji bekerja sama dengan pihak berwenang Serbia untuk mengidentifikasi pelaku. Namun, hingga kini tidak ada sanksi yang diberikan kepada oknum tersebut.

Klub melakukan segala upaya untuk melangsungkan Liga Europa dengan tertib, ramah, dan nyaman. Pihaknya akan bekerja sama dengan pihak berwenang untuk mencari pelaku dan memberinya hukuman yang setimpal. Red Star sekali lagi dengan tulus meminta maaf kepada Zlatan Ibrahimovic.

“Kami menekankan bahwa klub tidak akan menoleransi tindakan semacam itu,” begitu bunyi pernyataan klub. Pertandingan leg pertama babak 32 besar itu berakhir dengan skor imbang 2-2.

Baca juga : Tuding Israel Sabotase Fasilitas Nuklir Natanz, Iran Akan Balas Dendam

Gol bunuh diri Radovan Pankov dan penalti Theo Hernandez bisa disamakan oleh Red Star Belgrade. Sementara, di leg kedua laga juga kembali imbang 1-1, namun AC Milan tetap sukses melenggang ke fase 16 besar Liga Europa karena unggul agregat gol tandang. Sayangnya, AC Milan tersingkir usai dikalahkan Manchester United di babak perempat final. [DNU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.