BREAKING NEWS
 

Separuh Warga Jakarta Diprediksi Mudik Lebaran

Polisi Dan Satpol PP Jaga Rumah Kosong

Reporter : DIDI RUSTANDI
Editor : MARULA SARDI
Sabtu, 30 April 2022 07:30 WIB
Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran. (Foto: Humas PMJ).

 Sebelumnya 
Zulpan menuturkan, Kapolda juga sudah menginstruksikan kepada seluruh Polsek di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya untuk mendata dan mengawasi rumah yang ditinggal mudik.

“Rumah yang ditinggal penghuninya kita pantau agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Adsense

Zulpan menambahkan, pihak Kepolisian telah berkoordinasi dengan TNI dan Pemerintah Daerah dalam melakukan pengamanan rumah kosong.

Dia mengimbau warga yang mudik agar melapor ke Rukun Tetangga (RT)/ Rukun Warga (RW), Kelurahan dan Kepolisian. Untuk yang meninggalkan kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat sebaiknya dititipkan ke kantor polisi terdekat. Dengan begitu, akan memudahkan polisi dalam melakukan penjagaan dan pengamanan.

Baca juga : Harga Daging Sapi Melonjak Jelang Lebaran, Gubernur Sumbar Minta Bulog Tambah Pasokan

Sementara itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur (Jaktim) menyiagakan 1.000 personel dari tingkat Kelurahan hingga Kota untuk mengamankan lingkungan selama libur Idul Fitri 1443 Hijriah.

Wali Kota Jaktim Muhammad Anwar mengatakan, pengerahan personel itu untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat menjelang dan usai perayaan Lebaran.

“Jakarta Timur adalah wilayah yang dilintasi pemudik, maka berpotensi terjadi keramaian dan kepadatan lalu lintas. Karena itu perlu diantisipasi bersama oleh petugas di lapangan,” kata Anwar.

Anwar meminta, lurah dan camat di Jaktim aktif mengingatkan warganya yang mudik untuk mematikan aliran listrik dan gas elpiji untuk mencegah kebakaran.

Baca juga : Intip Koleksi Baju Lebaran Dari Desainer Sapto Djojokartiko

Tips Aman Mudik

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta, Isnawa Adji, memberikan tips untuk warga Ibu Kota yang akan mudik Lebaran. Tips itu diberi nama Mudik PATEN, yakni mudik pasti aman dan tenang.

“Tips ini bisa dilakukan oleh masyarakat agar terhindar dari potensi kebakaran yang kerap melanda ketika rumah ditinggalkan penghuninya selama mudik Lebaran,” ujar Isnawa, dalam keterangan tertulis, Kamis (28/4).

Mudik PATEN ini terdiri dari enam hal yang harus dilakukan calon pemudik. Pertama, kunci dan pintu jendela rumah. Kedua, cabut selang regulator gas dan pastikan kompor dalam keadaan mati. Ketiga, cabut kabel dan peralatan listrik ke stop kontak, serta pastikan semua sumber listrik aman dari benda yang mudah terbakar.

Baca juga : Jelang Lebaran, Kementan Pastikan Stok Pangan Aman

Keempat, kosongkan dan tutup bak penampungan air untuk mencegah bersarangnya sumber-sumber penyakit. Kelima, titipkan barang-barang berharga pada tempat yang aman untuk menghindari potensi kemalingan. Dan, keenam, titipkan rumah ke orang yang dipercaya dan melapor ke RT/ RW setempat.

Selain memberikan tips aman, BPBD DKI mengimbau masyarakat untuk melakukan vaksinasi booster.

“Kami mengajak semua masyarakat untuk segera melakukan vaksinasi booster agar pelaksanaan mudik semakin aman dan nyaman,” terang Isnawa.  [DRS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense