Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Satgas Awasi Mudik Lebaran

Disiplin Prokes, Vaksin Dan Booster, Kunci Mudik Aman

Minggu, 24 April 2022 06:20 WIB
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito. (Foto: Dzikra - Satgas Penanganan Covid-19).
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito. (Foto: Dzikra - Satgas Penanganan Covid-19).

RM.id  Rakyat Merdeka - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Penanganan Covid-19 akan mengawasi disiplin protokol kesehatan (prokes) masyarakat yang akan mudik ke kampung halaman. Pengawasan dilakukan di titik-titik tertentu.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito Wiku menyebutkan tempat-tempat pelayanan dan pemantauan Satgas Covid-19 terkait prokes. Yaitu, di pos-pos mudik lebaran, rest area dan fasilitas publik, baik di titik masuk perjalanan internasional, maupun antar daerah di Indonesia.

“Satgas Covid-19 akan membagikan masker dan hand sanitizer secara gratis di titik-titik tertentu. Juga melakukan pengawasan guna mengawasi semua situasi,” ujar Wiku.

Ketua Dewan Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) ini menegaskan, Pemerintah ingin memastikan bahwa masyarakat selalu didampingi untuk betul-betul disiplin prokes agar aman dan sehat.

Baca juga : Waspada, Jangan Kepedean

“Ingat jangan sampai lalai dalam prokes,” tegas etua Tim Pakar Gugus Tugas Covid-19 ini.

Selain itu, kata Wiku, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga akan mengerahkan tim dan relawan serta BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) setempat untuk bersiap siaga di daerah rawan bencana.

BNPB, kata dia, telah mengeluarkan peta mudik aman bencana yang berisi lokasi-lokasi rawan bencana. Di dalam peta tersebut juga, kata dia, disertakan nomor kontak BPBD terdekat yang dapat mempermudah masyarakat untuk mengetahui potensi bencana saat mudik.

“Peta ini dapat diakses di Inarisk BNPB,” ujar

Baca juga : Kapolri Beberkan Strategi Antisipasi Kemacetan Hingga Vaksinasi Booster Saat Mudik

Adjunct Professor di bidang Infectious Disease and Global Health oleh Tufts University.

Akun @SakiinaQhico_33 mengingatkan masyarakat untuk selalu disiplin prokes saat mudik dan merayakan Lebaran di kampung halaman. Dia bilang, disiplin prokes dapat menghindari penularan Covid-19.

“Biar mudiknya gak jadi petaka, yuk tetap disiplin prokes,” ajak @garuda080.

Akun @kalla_jengking juga mengingatkan netizen yang hendak mudik dan berlebaran bersama sanak keluarga agar tetap disiplin prokes. Dia bilang, lonjakan jumlah pemudik lebaran tahun ini berpotensi memicu lonjakan baru kasus Covid-19.

Baca juga : Kapolri: Yuk, Mudik Sehat Dan Nyaman

“Ayo, patuhi prokes agar bisa nihil kasus Covid-19,” ajak @Fahrulroni2. “Mudik lebaran aman kuncinya disiplin Prokes dan vaksin,” tambah @Alfhazali.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.