BREAKING NEWS
 

Gempa 4,8 SR Guncang Kabupaten Kaimana, Tak Berpotensi Tsunami

Reporter & Editor :
SRI NURGANINGSIH
Jumat, 19 Juli 2019 14:31 WIB
Ilustrasi Gempa. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Gempa bumi berkekuatan 4,8 Skala Richter mengguncang kabupaten Kaimana, Provinsi Papua Barat pada Jumat (19/7) pukul 15.16 WIT. Namun gempa bumi ini tidak berpotensi terjadinya tsunami. 

Adsense

Baca juga : Warga Diminta Tidak Panik

Berdasarkan data yang diperoleh dari Stasiun Geosika BMKG Sorong menyebutkan, pusat gempa bumi. terletak pada koordinat 4.17 lintang selatan dan 133.65 bujur timur yang berjarak 59 km Barat Daya kabupaten Kaimana dengan kedalaman 10 kilomater. 

Baca juga : Tak Timbulkan Dislokasi di Dasar Laut, Gempa Bali Tidak Berpotensi Tsunami

Ditinjau dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa tersebut merupakan gempa bumi dangkal akibat Sesar aktif. Gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami, karena kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadinya tsunami.

Baca juga : Bali Diguncang Gempa 6 SR, Tak Berpotensi Tsunami

Hingga kini, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense