Dark/Light Mode

Manokwari Selatan Gempa, Tidak Berpotensi Tsunami

Sabtu, 13 Juli 2019 07:54 WIB
Ilustrasi gempa bumi (Foto: Istimewa)
Ilustrasi gempa bumi (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gempa bumi berkekuatan 3,6 Skala Richter (SR) mengguncang Ransiki, Ibu Kota Kabupaten Manokwari Selatan, Provinsi Papua Barat, Sabtu (12/7) pukul 08.06 WIT.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Stasiun Geofisika Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Sorong menyebutkan, pusat gempa bumi terletak pada koordinat 1,96 Lintang Selatan dan 134,33 Bujur Timur yang berjarak 52 km arah Tenggara Ransiki, dengan kedalaman 10 km.

Baca juga : Metakognitif Tingkatkan Kemampuan Berpikir

Ditinjau dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat sesar aktif.

Gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami, karena kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadinya tsunami.

Baca juga : Fachri Siapkan 23 Pemain Tanding di Vietnam

Hingga kini, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

Masyarakat diimbau agar tetap tenang, dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Baca juga : Sandra Dewi Pernah Alami Janin Tak Berkembang

Berbagai informasi resmi BMKG tentang cuaca, iklim, dan gempa bumi dapat diperoleh melalui media sosial resmi BMKG seperti Twitter : @infoBMKG - https://twitter.com/infoBMKG, Facebook : @infoBMKG - https://www.facebook.com/infoBMKG, Instagram : @infoBMKG - https://www.instagram.com/infoBMKG, dan YouTube : @infoBMKG - https://www.youtube.com.infoBMKG. 

Selain itu, juga tersedia aplikasi Info BMKG yang dapat diunduh gratis di AppStore (iOS) dan PlayStore (Android). [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.