BREAKING NEWS
 

Asyik, Bikin SIM Internasional Bisa Via HP

Reporter : NOVALLIANDY
Editor : MUHAMAD FIKY
Minggu, 5 Juli 2020 19:05 WIB
Pelayanan buat SIM Internasional Korlantas Polri.

RM.id  Rakyat Merdeka - Korlantas Polri menyediakan layanan untuk membuat SIM Internasional, tanpa perlu hadir ke Satpas SIM Internasional Korlantas Polri, Jakarta. Sebagai bagian dari layanan Polri di masa new normal atau normal baru. 

"Pemohon SIM Internasional tak perlu hadir ke Satpas SIM Internasional Korlantas Polri. Buku SIM Internasional akan dikirim ke rumah pemohon, melalui jasa pengiriman," jelas Kakorlantas Polri Irjen Pol. Istiono di Jakarta, Sabtu (3/7).

"Pemohon hanya tinggal mengakses internasional.korlantas.polri.go.id, atau cukup menulis kata kunci SIM internasional melalui browser di handphone atau komputer," imbuhnya.

Baca juga : Pentingnya Wawasan Internasional Bagi Taruna

Selain mengisi data diri, pemohon wajib mengunggah foto SIM yang masih berlaku, KTP, paspor, KITAP (khusus WNA), serta pasfoto dengan warna latar belakang putih dan foto tanda tangan.

Adsense

Setelah itu, pemohon dapat memilih cara pengambilan SIM internasional. Dapat diambil sendiri di Kantor Pelayanan SIM Internasional Korlantas Polri, atau dikirim langsung ke rumah melalui jasa pengiriman.

Setelah data lengkap, pemohon akan menerima nomor rekening pembayaran, yang saat ini menggunakan virtual account Bank BRI, untuk melakukan pembayaran SIM Internasional dan biaya jasa pengiriman. 

Baca juga : PMI Manufaktur Naik, Menperin: Industri Nasional Mulai Pulih

"Pembayaran dapat secara nontunai melalui ATM, m-banking, internet banking, ataupun setor tunai di bank," ujar Istiono.

Setelah pemohon melakukan pembayaran, petugas di kantor pelayanan SIM internasional akan menerima konfirmasi secara elektronik. Selanjutnya, akan dilakukan verifikasi dan validasi data pemohon, lalu identifikasi data. 

"Jika persyaratan lengkap, petugas akan melakukan pencetakan buku SIM internasional, dan melakukan pengiriman sesuai pilihan pemohon," papar Istiono.

Baca juga : Baznas Sabet Penghargaan Internasional 3G Awards

Pemohon yang telah melakukan pembuatan SIM Internasional secara daring, dapat memberikan penilaian atas kualitas pelayanan di situs SIM internasional tersebut. [NOV]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense