BREAKING NEWS
 

Ini Beberapa Fakta Soal Covid Di Jakarta Hasil Survei Serologi FKM UI Dkk

Reporter & Editor :
OKTAVIAN SURYA DEWANGGA
Sabtu, 10 Juli 2021 20:03 WIB
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil survei serologi yang dilakukan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) mengungkapkan, hampir separuh penduduk Jakarta, tepatnya 44,5 persen, pernah terinfeksi Covid-19.

Pakar epidemiologi dari Tim FKM UI Pandu Riono menjabarkan, penderita terbanyak berada pada rentang usia 30-49 tahun.

"Infeksi pada kelompok perempuan terdeteksi lebih tinggi, yakni 47,9 persen. Sementara kelompok yang belum kawin lebih rendah risiko 39,8 persen yang terinfeksi," ujar Pandu, Sabtu (10/7).

Baca juga : Ini Lokasi Vaksinasi Covid Tanpa Syarat KTP Domisili, Di Seluruh Indonesia

Kemudian, penduduk di wilayah padat penduduk juga lebih rentan terinfeksi, sebanyak 48,4 persen. Selain itu, orang yang kelebihan berat badan dan obesitas, juga lebih rentan terinfeksi.

"Semakin meningkat indeks massa tubuh, semakin banyak juga yang terinfeksi, dalam hal ini kelebihan berat badan 52,9 persen dan obesitas 51,6 persen. Orang dengan kadar gula darah tinggi juga lebih berisiko," paparnya.

Adsense

Survei serologi dilakukan FKM UI bersama Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Lembaga Eijkman, dan CDC Indonesia. Survei secara spesifik ingin mengukur proporsi warga Jakarta yang memiliki antibodi terhadap Covid-19.

Baca juga : Target Ambisius Jokowi 7,5 Juta Warga Divaksin

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Widyastuti, menjelaskan, serologi merupakan teknik berbasis imunologi yang bertujuan mengukur respons imun terhadap suatu antigen dari sediaan darah seseorang. Pada agen infeksius tertentu, tubuhnya akan terpicu menghasilkan antibodi spesifik yang dapat dideteksi.

"Melalui survei ini, kita dapat memperkirakan proporsi warga Jakarta yang pernah terinfeksi virus SARS CoV-2, baik yang teridentifikasi/terkonfirmasi oleh tes PCR maupun yang tidak," ujarnya.

Selain itu, dengan survei serologi ini, Pemprov DKI Jakarta juga mendapatkan gambaran lebih utuh tentang situasi pandemi di Ibu Kota. "Sehingga strategi penanganan dan pengendaliannya pun bisa disesuaikan,” terang Widyastuti.

Baca juga : Ini Cara Daftar Vaksinasi Covid-19 18+ Di Jakarta

Survei serologi dilaksanakan berbasis populasi dengan metode sampling, pada kurun waktu 15-31 Maret 2021.

Survei dilakukan di 100 kelurahan di 6 wilayah kota/kabupaten administrasi, mencakup 4.919 sampel berusia >1 tahun 98,4 persen dari total 5.000 target sampel, meliputi 54 persen perempuan dan 46 persen laki-laki, dengan kelompok usia 1-14 tahun 21,6 persen, 15-49 tahun 52 persen, dan 50+ tahun 26,4 persen. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense