Dark/Light Mode

Ini Cara Daftar Vaksinasi Covid-19 18+ Di Jakarta

Rabu, 9 Juni 2021 15:34 WIB
Vaksinasi Covid-19. (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka)
Vaksinasi Covid-19. (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Vaksinasi Covid-19 tahap ketiga menyasar seluruh penduduk yang berusia di atas 18 tahun. Namun, pelaksanaannya saat ini hanya berlaku untuk warga yang berdomisili di DKI Jakarta.

Bagaimana caranya untuk mendaftar? Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr Nadia Tarmizi menjelaskan, cara pendaftarannya sama seperti vaksinasi untuk kelompok lanjut usia (lansia).

"Bisa ke loket.com atau langsung ke PKM (pelayanan kesehatan masyarakat) atau lewat aplikasi," ujarnya saat dikonfirmasi, Rabu (9/6).

Nadia mengatakan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 kepada warga berusia 18 tahun di DKI Jakarta akan menggunakan dua jenis vaksin Corona. "Awal ini pakai AZ (vaksin AstraZeneca), nanti terus pakai Sinovac," beber Nadia. Dia meminta masyarakat tak ragu-ragu. Diingatkannya, semua vaksin sama baiknya.

Lalu bagaimana dengan syarat-syaratnya? Gampang. Yakni, usia minimal 18 tahun dan dalam kondisi sehat. Lalu membawa fotocopy KTP DKI Jakarta, atau bagi yang non KTP Jakarta, bisa membawa surat keterangan domisili, lalu mencantumkan nomor ponsel yang bisa dihubungi.

Berita Terkait : Dimulai Hari Ini, Vaksinasi Covid Untuk Warga DKI Usia 18 Tahun Ke Atas

Mereka bisa datang langsung ke Puskesmas, RSUD atau lokasi-lokasi sentra vaksin yang sudah ditentukan.

Berikut lokasinya:

-Sentra Vaksinasi Serviam, Jakarta Pusat

Pendaftaran vaksinasi berlangsung mulai hari ini, Rabu (9/6), dan akan berlangsung hingga 30 Juni 2021. Setiap hari selama periode tersebut, SVS menyediakan 500 kuota per hari. Pendaftaran dimulai 9 Juni 2021 pukul 10.00 WIB melalui situs web https://www.vaksinasiserviam.com.

-Rusun Pulogebang Kel. Pulogebang (Jakarta Timur). Jadwal: 9 Juni 2021 pukul 08.00-16.00 WIB.

Berita Terkait : Ahli: Hoaks Vaksin Rugikan Program Vaksinasi Covid-19

-Puskesmas Kecamatan Tambora (Jakarta Barat) Jadwal: Senin-Jumat pukul 08.00-14.00 WIB. Pendaftaran dilakukan on the spot.

-Lippo Mall Puri (Jakarta Barat) Jadwal: 9-11 Juni 2021

Melakukan pendaftaran melalui aplikasi My Siloam yang bisa diunggah pada tautan https://onelink.to/sdkwud. Pilih menu 'Vaksin C-19' dan pilih kelompok vaksin program pemerintah. Kemudian ikuti langkah-langkah pendaftaran hingga menerima kode unik untuk ditunjukkan saat datang ke lokasi vaksinasi.

-Puskesmas Kelurahan Pegangsaan Dua B (dimulai pukul 09.30-kuota habis). SMP 270 Jakarta Utara (dimulai pukul 08.00-kuota habis).

-Gor Yudo (dimulai pukul 08.00-kuota habis). Kuota: 200 orang/hari.

Berita Terkait : Pastikan Penyelenggaranya Cek Keaslian Sertifikatnya

Selain itu, Polda Metro Jaya juga menyiapkan sentra vaksinasi di polres-polres dan polsek-polsek di Jakarta. Polda Metro Jaya mendapat 147 ribu dosis vaksin Sinovac untuk disuntikkan ke warga yang sudah sesuai dengan tahapan dan aturan yang ada. Dengan jatah ini, ditargetkan 300-400 orang per hari per polres bisa divaksin hingga 30 Juni 2021.

"Jadi Polda Metro Jaya dibebankan 147 ribu dosis. Kalau dihitung rata-rata per hari, per Polres 350 sampai 400 dosis," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, Selasa (8/6). [JAR]