BREAKING NEWS
 

Mesra Di Makassar

Anies-Amran Pasangan Ideal Capres-Cawapres

Reporter : BOY SAKTI HAPSORO
Editor : ACHMAD ALI FUTHUHIN
Senin, 24 Januari 2022 07:20 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan mantan Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaeman (AAS), saat berkunjung ke Gedung AAS, di Jalan Urip Sumoharjo, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (22/1/2021). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Kepada awak media, Anies mengakui Amran merupakan sahabat. Apalagi mereka pernah masuk dalam kabinet kerja di era Pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla. “Pak Amran adalah sahabat lama. Dan sudah lama saya tidak ke Makassar. Tadi pagi, sama-sama jadi saksi nikah. Kemudian bilang, kalau ada waktu sebelum ke bandara mampir dulu,” ucapnya.

Ditanya mengenai Pilpres 2024, Anies berkelit. “Saya masih ngurus Jakarta,” pungkasnya.

Baca juga : Anies For Capres 2024 Makin Terasa Auranya

Sementara Amran yang ditanyakan soal kontestasi politik 2024, menjawab, pertemuannya dengan Anies hanya silaturahmi. “Sekarang fokus bisnis, dan kerja,” imbuhnya.

Menanggapi keakraban Anies-Amran ini, Guru Besar Universitas Parahyangan (Unpar) Bandung, Prof Asep Warlan Yusuf menilai, Anies adalah tokoh yang potensial menang di Pilpres 2024. Siapapun pasangannya, termasuk mantan Menteri Amran, bisa menjadi pasangan kuat di pesta demokrasi mendatang.

Baca juga : Moncer Di Parpol Dan Pemerintahan, Airlangga Capres Kuat

“Bukan hanya ada peluang, tetapi besar. Anies itu adalah tiga besar tokoh saat ini yang diperbincangkan sebagai Capres,” ujar Asep kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Menilik latar belakang keduanya, Anies-Amran bisa saja disebut tokoh yang mewakili Jawa-luar Jawa. Strategi politik ini, mirip dengan SBY-JK yang sukses memenangkan Pilpres 2004. Namun, masalah utama dari pasangan ini jika maju adalah soal tiket politik.

Baca juga : Pemuda Indonesia Sepakat Dukung Amran Sulaiman Maju Pilpres

Prediksinya, selama Presidential Threshold (Preshold) masih 20 persen. Maka, pintu tokoh non­parpol ikutan Pilpres 2024 sangat berat. Kecuali, ada kejutan diubah menjadi 0 persen. Akan menjamur tokoh-tokoh potensial, termasuk Anies-Amran. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense