BREAKING NEWS
 

NasDem Cermat Jaring Capres

Jenderal Andika Dinilai Gaya Milenial, Tapi Matang

Reporter : FAQIH MUBAROK
Editor : ACHMAD ALI FUTHUHIN
Senin, 20 Juni 2022 07:40 WIB
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Nama Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menjadi salah satu dari tiga kandidat calon presiden (capres) 2024 yang akan di­usung Partai Nasional Demokrat (NasDem). Bagaimana peluangnya?

Pengamat komunikasi politik Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing menilai, mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat itu bisa menjadi tokoh potensial dalam bursa Pilpres 2024.

Memang, jika dibandingkan dengan tokoh non-militer, Andika belum moncer popularitas dan elektabilitasnya. Namun, dalam berbagai lembaga survei, belum ada yang melebih 40 persen.

Baca juga : Nasdem Diminta Nggak Tarik Jenderal Andika Berpolitik Praktis

“Artinya, semua kandidat masih berpeluang bersaing. Apalagi Andika potensial dengan segala pangkat dan prestasinya,” kata Emrus kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Adsense

Jika dibandingkan dengan calon militer, Andika sosok baru yang bisa memecah kejenuhan pemilih. Katakanlah, jika head to head antar calon berlatar militer. Misalnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Menurut Emrus, Prabowo memang punya keuntungan karena sudah berkali-kali ikut kontestasi Pilpres. Prabowo juga Ketua Umum partai politik yang memegang tiket pencapresan.

Baca juga : Nggak Lagi Dikucilkan, Ganjar Malah Nginap Di Markas Banteng

“Namun, dia tiga kali nyalon selalu kalah. Itu jadi minusnya Prabowo. Selain itu, bintangnya Prabowo tak sebanyak Andika,” tutur Emrus, sembari tertawa.

Menurutnya, karier Andika moncer sejak dari Komandan Satuan Pengaman Presiden (Daspaspampres), Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) hingga Panglima TNI. Pengaruhnya, saat pensiun nanti lebih besar ketimbang Prabowo.

“Bergaya milenial, tapi tetap matang. Kariernya panjang penuh prestasi. Merangkul anak muda. Ini sosok yang fresh. Cuma ada kelemahannya, dia tidak punya kepastian tiket partai seperti Prabowo,” ulasnya.

Baca juga : Jenderal Moeldoko Dirayu Bergabung

Direktur Eksekutif lembaga survei Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menyebut, Andika diprediksi bisa menjadi bintang yang cemerlang di antara pilihan tokoh lain di Pilpres 2024. “Dia the rising star. NasDem amat jeli,” kata Adi dalam pesannya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense