BREAKING NEWS
 

Halo PLN, Warga Ngeluh Soal Tiang Listrik Nih

Reporter : ALFIAN SIDIK
Editor : ABDUL SHOMAD
Jumat, 29 Juli 2022 08:05 WIB
Tiang listrik milik PLN yang berdiri di tanah milik warga. (Foto: Twitter @beruanggendutt)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tiang listrik milik PLN yang diduga berdiri di tanah milik warga membuat resah dan viral di media sosial. Pasalnya, warga pemilik tanah justru harus mem­bayar mahal jika ingin memindahkan tiang tersebut.

Akun @igtainmentt mengungkap kelu­han beberapa netizen tentang mahalnya biaya pemindahan tiang PLN yang ada di lahan pribadi. Bahkan, ada yang ditagih hingga puluhan juta rupiah. “Gimana pendapat kalian,” tanyanya.

Akun @abdullahhaidir1 mengungkap­kan, PLN pernah pasang tiang listrik di tanah kosong miliknya tanpa izin. Setelah berlangsung lama, di atas tanah tersebut ingin dibangun dan meminta PLN me­mindahkan tiang tersebut. “Eh... saya harus bayar biaya pemindahan,” ungkapnya.

Baca juga : Sambut Lebaran Idul Adha, PLN Siaga Penuh Jaga Keandalan Pasokan Listrik

“Sudah nitip tiang di tanah milik warga, nggak bayar sewa, nggak bayar asuransi jika terjadi musibah, eh giliran saat minta dipindah, biayanya ditagih ke pemilik tanah. Kurang nggak waras bagaimana coba, tuh pe el n,” kata @anafis_196.

Akun @gendar_pece mengatakan, perlakuan PLN terhadap tanah warga sudah keterlaluan. Bukan cuma tiang saja, kabel melintang 32 meter juga diong­gokan begitu saja di atas tanah miliknya. Otomatis yang di bawah kabel tidak bisa diberdayakan.

“Ada pohon main potong tidak pernah bilang, seolah-olah kalau sudah PLN tidak ada yang lawan,” katanya.

Baca juga : PLN Jaga Daya Beli Masyarakat & Lindungi Pelanggan Listrik Subsidi

Menurut @rahim2115, ke depan jan­gan dikasih tempat bila PLN atau Telkom butuh tempat buat tiang/tower dan lain-lain. Mereka suruh bayar sewa tempat yang nilainya bisa buat beli tanah lagi.

“Mereka bisa seenak udel, maka masyarakat pun harus bisa seenak dengkul terhadap mereka,” tegasnya.

Akun @milktea_coklat mengungkapkan, dampak negatif dari berdirinya tiang listrik di dekat rumah warga, tidak hanya soal serobot tanah, juga tertimpa tiang listrik.

Baca juga : Wapres Sapa Warga Mojokerto Sambil Bagikan Bingkisan

“Rumah saya pernah kena tiang listrik besar. Kerusakan rumah yang kena tiang­nya nggak diperbaiki, nggak ada perminaan maaf atau pihak PLN inisiatif bertamu ke pemilik rumah,” ungkapnya.

Adsense

Akun @yoga_prakosa juga punya cerita. Kata dia, suatu hari pernah mobil tetangganya tertimpa tiang listrik roboh. Akibatnya, kondisi mobil hancur, kaca pecah, kap atas penyok-penyok. Peristiwa itu terjadi bukan dalam kondisi mobil jalan ataupun parkir.

“Pas minta pertanggungjawaban ke PLN, jawabnya yang ikhlas Pak, namanya juga musibah tidak ada yang tahu,” tuturnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense