Dark/Light Mode

Pak Anies...Warga Jabar Ngarep Mudik Gratis Nih

Kamis, 21 April 2022 07:30 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/foc).
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/foc).

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagian warga kecewa karena Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta hanya menyelenggarakan mudik gratis untuk 17 daerah tujuan di Jawa Tengah, Jawa Timur dan Pulau Sumatera. Padahal, ada juga yang ingin pulang kampung gratis ke daerah Jawa Barat (Jabar) dan wilayah lain. Gimana ini Pak?

Kang Edo lega, Lebaran tahun ini bisa mudik. Kumpul bareng keluarga dan sanak saudara. Sebab, sejak pandemi Covid-19, pria 39 tahun ini tak pernah mudik.

“Ya kalau kangen, hanya telepon atau video call saja. Lebaran tahun 2020 dan 2021 juga hanya video call saja, meski bisa berbincang dan melihat wajah, tapi kayaknya ada yang kurang,” kata pria yang tinggal di Cengkareng, Jakarta Barat ini.

Baca juga : Anies Belum Berencana Tambah Tiket Mudik Gratis

Namun, Kang Edo kecewa, karena Pemprov DKI tidak menyelenggarakan mudik gratis tujuan Garut, Jawa Barat. Padahal, mudik gratis ini bisa menghemat ongkos. Juga membantunya menghindari kerumuman di terminal.

“Saya kan asli Garut, Jawa Barat. Nggak ada bus mudik gratis ke sana,” keluhnya.

Menurut Kang Edo, bukan hanya dirinya yang kecewa. Banyak temannya yang berasal dari daerah di Jawa Barat dan Banten juga kecewa.

Baca juga : BNPP Gandeng Warga Desa Jaga Batas NKRI

“Di Jakarta ini, orang asal Garut saja, apalagi Jawa Barat dan Banten, banyak sekali. Cek saja, tukang cukur rambut, pedagang warung kopi, itu rata-rata dari Garut. Kalau orang Banten, banyak di pasar-pasar, terutama penjual daging dan sayur,” bebernya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan belum berencana menambah tiket mudik gratis meski animo pemudik sangat tinggi.

“Nanti kami pantau lagi,” kata Anies di pendopo Balai Kota Jakarta, Selasa (19/4).

Baca juga : Messi Bakal Mati-matian

Anies menilai, tingginya animo tersebut karena sudah dua tahun masyarakat tidak melakukan mudik akibat pandemi Covid-19.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.