BREAKING NEWS
 

Ngerawat Istri Saja Susah, Boro-boro Tanam Cabe

Reporter : ALFIAN SIDIK
Editor : ABDUL SHOMAD
Minggu, 4 September 2022 08:05 WIB
Menko Maritim dan Investasi (Marves), Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
“Saking sudah nggak punya ide atau jalan keluar lagi, semua dikembalikan ke masyarakat,” tambah @xxivnai.

Akun @rajapeanutbuter mengatakan, menanam cabe tidak semudah seperti yang dikatakan Luhut. Dia bilang, tidak semua orang bisa merawat dan menum­buhkan tanaman.

“Merawat istri saja sudah susah minta ampun, ini disuruh merawat ayam, kucing ras, bawang, cabai, dan tomat umami,” tuturnya.

Baca juga : 69.944 Jemaah Haji Indonesia Sudah Di Tanah Air

Akun @tunjungutomo menyebut Luhut sebagai pejabat yang tidak dekat dengan rakyat. Dia menilai Luhut sebagai pejabat yang terpisah dari kenyataan hidup rakyat yang dipimpinnya sehingga bicaranya ngawur.

“Lahannya di mana? Oke ada lahan? Tenaga yang ngurus siapa? Wong kerjo saja dikerjakan sampai lembur,” ung­kapnya.

Akun @regalia_wind mengatakan, me­nanam itu butuh waktu lama. Masalahnya, kata dia, kebutuhannya untuk makan sekarang. Bukan puasa bahan-bahan itu dulu berbulan-bulan ke depan.

Baca juga : Tergencet Inflasi AS, Rupiah Kurang Darah

“Kalau mau buat pernyataan itu, ya implementasikan dulu kebijakan un­tuk mengembangkan itu, dan merata. Masalahnya, tidak semua lokasi bisa ngelakuin itu,” ujarnya.

Sementara, @arsitek98 mendukung permintaan Luhut agar masyarakat mena­nam cabe sendiri di rumah. Asalkan, ada edukasi dan penyuluhan dari Pemerintah. “Coba dari Pemerintah ada nggak konten atau penyuluhan bagaimana meman­faatkan lahan terbatas untuk penanaman kembali,” ungkapnya.

Akun @oomciss juga mendukung Luhut Binsar Pandjaitan. Kata dia, walau­pun luas rumah cuma 60-100 meter perse­gi, tanaman sayuran masih bisa ditanam dengan cara hidroponik. Bawang, cabai, tomat, dan buah-buahan seperti mangga sudah bisa ditanam dalam pot. [ASI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense