BREAKING NEWS
 

Kompak Samakan Persepsi

Netizen Tak Sabar Tunggu Deklarasi Puan - Airlangga

Reporter : ALFIAN SIDIK
Editor : ABDUL SHOMAD
Minggu, 9 Oktober 2022 06:30 WIB
Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani bertemu dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Sabtu (8/10). (Foto: Instagram Puan Maharani)

 Sebelumnya 
“Saya sampaikan kepada Bu Puan terkait dengan KIB. KIB masih terus ber­sama untuk menjaga keberlanjutan pem­bangunan, karena KIB ini juga partai yang berada dalam koalisi Pemerintah. Jadi bersama PDIP juga,” ujar Airlangga.

Menurut Airlangga, koalisi bentu­kannya tak akan mengganggu kinerja Pemerintah. Dia juga menegaskan bahwa urusan pemerintahan tetap berjalan lancar.

“Masih banyak pekerjaan yang harus dikerjakan oleh Pemerintah dan untuk mengerjakan ini hanya ada satu syarat, yaitu persatuan di antara kita dan juga komunikasi yang lancar, sehingga di Pemerintah, di DPR kita sama-sama lancar untuk menghadapi tantangan ke depan yang lebih tidak mudah,” ujar Airlangga.

Baca juga : Sambangi Surabaya, Relawan Deklarasi Dukung Puan Nyapres

Pengamat politik yang juga Direktur Eksekutif Indonesian Presidential Studies (IPS), Nyarwi Ahmad menganalisa kedekatan Airlangga dan Puan memung­kinkan sikap politik PDIP. Dia mem­prediksi terbuka peluang Golkar menarik PDIP untuk bergabung ke dalam KIB.

Nyarwi menyampaikan demikian karena PAN dan PPP yang merupakan anggota KIB tak memiliki masalah dengan PDIP. Pun, tiga parpol itu bersama PDIP merupakan partai koalisi pendukung pemerintahan Jokowi.

Dia melanjutkan, Golkar juga memiliki kesamaan sebagai partai nasionalis dengan PDIP. Selain itu, baik Golkar maupun PDIP sering memakai narasi besar memperkokoh semangat gotong royong, kebangsaan dan melanjutkan agenda pembangunan.

Baca juga : Apeng Tuding Dakwaan Jaksa Terburu-buru

“(Jadi) kedua partai ini pada dasarnya banyak memiliki kesamaan. Kalau meli­hat hal ini, maka peluang koalisi Mbak Puan dan Pak Airlangga sebenarnya hanya tinggal menunggu waktu saja,” kata Nyarwi.

Nyarwi juga menilai Puan dan Airlangga punya hubungan baik. Puan dan Airlangga sama-sama sosok yang pernah menjadi menteri koordinator di kabinet Jokowi. Bahkan, Airlangga saat ini masih menjabat sebagai Menko Perekonomian.

“Mbak Puan dan Pak Airlangga, meru­pakan dua sosok yang memiliki track record yang bagus dan menonjol di antara para pimpinan parpol di Indonesia saat ini,” imbuhnya. [ASI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense