BREAKING NEWS
 

Momen Seru Jokowi Nonton Basuki Dan Ridwan Kamil Main Gateball

Reporter & Editor :
OKTAVIAN SURYA DEWANGGA
Jumat, 23 Desember 2022 17:46 WIB
Foto: Sekretariat Presiden.

RM.id  Rakyat Merdeka - Ada momen menarik yang terjadi setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Ciawi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (23/12).

Momen itu adalah ketika Presiden Jokowi menyaksikan pertandingan gateball antara Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Awalnya, Basuki, yang merupakan Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi), mengajak Jokowi dan Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, ke lapangan berukuran panjang 20 meter dan lebar 15 meter.

Dia kemudian menantang Kang Emil untuk menjajal olahraga yang mirip dengan golf tersebut. Saat Ridwan Kamil memukul bola dengan stik berbentuk palu untuk pertama kalinya, ternyata bola langsung masuk ke gawang.

Baca juga : Sri Mul Dan Airlangga Ngaku Salah

Melihat hal tersebut, Jokowi pun spontan bertanya.

"Wah, sering main golf ya?" tanya Jokowi dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Jumat (23/12).

Adsense

"Nggak, Pak, kebetulan. Justru kalau golf saya nggak main," jawab Kang Emil.

Mendengarnya, Jokowi pun menantang Kang Emil.

Baca juga : Jokowi Bakal Nonton Egy Cs Beraksi Lawan Kamboja

"Coba sekali lagi, kalau masuk lagi berarti jago beneran. Kalau nggak masuk, berarti kebetulan," timpal Presiden. Sontak, para hadirin tertawa.

Sebagai informasi, gateball merupakan sebuah modifikasi dari olah raga croquet lewat inovasi warga Jepang bernama Suzuki Kazunobu pada 1947 silam.

Gateball bisa dimainkan secara beregu (5 orang), bertiga, ganda, maupun tunggal. Gateball beregu dimainkan oleh dua tim. Tim pertama memegang bola ganjil (1,3,5,7,9), sedangkan tim kedua memegang bola genap (2,4,6,8,10).

Tim pertama memukul bola terlebih dahulu lalu diikuti tim kedua sesuai urutan nomor bola.

Baca juga : Gubernur Jabar Ridwan Kamil Pimpin Upacara Bela Negara Tingkat Jabar

Bola dipukul melewati 3 gawang (gawang 1 sampai 3) dan menyelesaikan permainan bila telah menyentuh goal-pole. Pemenang ditentukan oleh jumlah total nilai yang diperoleh selama 30 menit waktu permainan. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense