BREAKING NEWS
 

Ajang Kolaborasi antar Para Ahli dan Praktisi Berkompeten

Asosiasi Ahli Emisi Karbon Indonesia Resmi Diluncurkan

Reporter & Editor :
MUHAMMAD RUSMADI
Minggu, 5 November 2023 08:18 WIB
Asosiasi Ahli Emisi Karbon Indonesia atau Association of Carbon Emission Experts Indonesia-ACEXI resmi diperkenalkan kepada publik di Jakarta pada Sabtu, 4 November 2023.

 Sebelumnya 
Hal ini mencakup kerjasama dengan Pemerintah Daerah, swasta dan stakeholder terkait, untuk menggencarkan program pengurangan emisi karbon di tingkat lokal, yang sejalan dengan semangat pembangunan rendah karbon.

"Misi terakhir kami, meningkatkan kompetensi, keterampilan dan produktivitas, serta memberikan perlindungan usaha dan advokasi, sehingga terwujud peluang kerja serta penyerapan tenaga kerja yang lebih luas," imbuh Lastyo.

Diharapkan, melalui keberadaan asosiasi ini, semakin banyak masyarakat yang secara aktif terlibat dalam upaya mengurangi emisi karbon, berkontribuuasi terhadap pengelolaan perubahan iklim dan menciptakan lingkungan yang lebih baik untuk Indonesia.

Baca juga : Asosiasi Praktisi Hukum Migas dan Energi Terbarukan Resmi Dibentuk

Sementara Sekretaris Jenderal ACEXI, Brian Pramudita menambahkan, secara keseluruhan, peluncuran Asosiasi Ahli Emisi Karbon Indonesia ini diharapkan dapat menjadi titik balik upaya mengatasi permasalahan emisi karbon di Indonesia.

Seluruh pemangku kepentingan, ujarnya, diharapkan dapat mendukung dan bekerja sama dengan ACEXI, guna mewujudkan visi dan misi yang telah ditetapkan. Melalui kerjasama antar sektor, diharapkan isu emisi karbon dapat ditemukan solusi efektif dan berkelanjutan.

Brian menjelaskan, Asosiasi Ahli Emisi Karbon Indonesia juga akan menjadi platform yang baik bagi peneliti dan praktisi emisi karbon, untuk saling berbagi pengetahuan, pengalaman, dan ide. Karena pembentukan jejaring profesional yang solid akan memungkinkan kolaborasi antar anggota dan pihak terkait dalam mengembangkan teknologi dan praktek yang lebih ramah lingkungan.

Baca juga : Sasar Pasar Premium, Sharp Indonesia Resmi Kenalkan AQUOS XLED 4K TV

Tak hanya di tingkat nasional, kata Brian, ACEXI juga berupaya membangun hubungan kerja sama internasional dengan asosiasi sejenis di berbagai negara. Tujuannya, agar memperoleh pemahaman lebih dalam mengenai isu-isu global terkait emisi karbon dan mencari peluang kerjasama antar negara dalam menangani permasalahan tersebut.

Dalam aspek pemasyarakatan, masih menurut Brian, Asosiasi Ahli Emisi Karbon Indonesia juga akan secara aktif menggelar kampanye edukasi kepada masyarakat luas. Edukasi ini penting dalam rangka meningkatkan kesadaran pentingnya pengurangan emisi karbon dan dampaknya terhadap perubahan iklim.

“Dengan lebih banyak individu yang sadar dan peduli tentang masalah ini, efektivitas program pengurangan emisi di seluruh negeri akan semakin meningkat," pungkasnya. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense