BREAKING NEWS
 

Baznas Ajak Warga Bersihkan Rumah Ibadah

Reporter & Editor :
KRISTANTO
Senin, 6 Januari 2020 21:52 WIB
Ketua Baznas Prof Dr Bambang Sudibyo (tengah) turun tangan langsung membersihkan musalla di kawasan Pengadegan, Jakarta Selatan, Senin (6/1). Foto: Humas Baznas

RM.id  Rakyat Merdeka - Banjir besar yang melanda Jabodetabek tak hanya merendam rumah warga. Ratusan tempat ibadah juga jadi korban. Untuk itu, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menginisiasi masyarakat untuk berkerja bersama membersihkan tempat ibadah, juga fasilitas umum yang lain.

Sebagai permulaan, Senin (6/1) siang, Ketua Baznas, Prof Dr Bambang Sudibyo turut membersihkan mushola di wilayah Pengadegan, Pancoran, Jakarta Selatan. Wilayah ini menjadi salah satu yang terparah sejak banjir melanda pada Rabu (1/1) dini hari. Pada sebagian wilayah tersebut, hingga saat ini air masih menggenangi rumah-rumah. Sejumlah warga juga masih menghuni tempat pengungsian.

Baca juga : Bantu Korban Banjir, Baznas Baznis DKI Berikan Layanan Kesehatan

Bambang Sudibyo mengatakan, bencana banjir ini membutuhkan penanganan bersama dari seluruh pihak. Baik pemerintah maupun partisipasi masyarakat. Termasuk organisasi pengelola zakat. Baznas yang menjadi koordinator lembaga zakat nasional, memiliki tanggung jawab membantu masyarakat yang tertimpa musibah.

Adsense

"Karena bencana yang datang tanpa memandang kemampuan ekonomi dan status sosial, selalu berpotensi menimbulkan masalah kemiskinan baru. Apalagi bagi warga yang sebelum bencanapun memiliki kemampuan ekonomi yang lemah, akan makin menderita dengan bencana ini," kata Bambang.

Baca juga : Banjir Surut Warga Bekasi Bersih-bersih

Banjir pada tahun baru 2020 ini memiliki sebaran yang luas dengan dampak kerugian dan korban jiwa yang tidak sedikit. Sehingga Baznas terus menggerakkan partisipasi masyarakat untuk turut serta membantu korban, baik dengan doa, tenaga maupun materi.

Melalui donasi masyarakat, Baznas terus membantu warga terdampak banjir melalui program penanganan baik pada masa tanggap darurat maupun masa pemulihan. Saat ini tim berfokus pada bantuan dasar, air bersih dan dukungan psikososial.

Baca juga : Waswas Perumahan Syariah

Baznas juga membuka layanan tambahan seperti servis dan cuci motor gratis di posko pengungsian, agar kendaraan warga yang ikut terdampak dapat digunakan untuk mencari nafkah kembali. Sejak banjir melanda, Baznas telah membantu evakuasi sedikitnya di 10 titik Jabodetabek, melayani pengungsi di titik pengungsian dengan mendirikan 13 dapur umum dan dapur air. [KRS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense