BREAKING NEWS
 

HMI Dukung Prabowo Modernisasi Alutsista

Reporter & Editor :
APRIANTO
Senin, 26 April 2021 18:20 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. (Foto: Instagram/@prabowo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Bidang Pertahanan dan Keamanan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Arven Marta mendukung Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto memodernisasi alat utama sistem pertahanan (alutsista). Menurutnya, sejak awal dilantik menjadi Menhan,  Prabowo  menyampaikan bahwa salah satu prioritas utamanya di Kementerian Pertahanan (Kemenhan) adalah memodernisasi alutsista. Hal itu juga ditunjukkan dari upaya Menhan untuk bertemu DPR dan Menteri Keuangan guna melancarkan upaya pembelian dan perawatan alutsista. 

"Untuk itu, kami mengajak semua pihak agar bisa menjaga kondusivitas dan mendukung kerja Kemenhan dalam upaya memodernisasi dan meremajakan alutsista TNI,"  ujar Arven dalam keterangannya, Senin (26/4). 

Baca juga : BPIP Dukung Program Jayakarta Benteng Pancasila

Arven menekankan pentingnya publik memahami proses pembaharuan alutista. Menurutnya, untuk mewujudkannya membutuhkan waktu. Prosesnya tidak sesederhana membeli mobil di dealer. 

Adsense

Alutsista ada dimensi proses waktu yang panjang. Untuk buat atau beli kapal selam baru, minimal membutuhkan waktu 5 tahun” terang Arven.

Baca juga : GINSI Dukung Penuh Kemenperin Soal Importasi Baja

Sementara, lanjutnya, jika melihat saat ini anggaran pertahanan yang dikantongi Kemenhan masih sangat jauh dari  ideal. Persentase anggaran pertahanan dari keseluruhan postur APBN hanya sebesar 0,8 persen. 

“Dari total anggaran 136 triliun yang dipergunakan tidak sepenuhnya untuk alutsista, ada belanja pegawai yang juga ditanggung oleh Kementerian Pertahanan. Itu jauh dari kata cukup untuk belanja alutsista modern,” ungkap Arven. 

Baca juga : Dukung Pemulihan Ekonomi, BTN Berkontribusi Konservasi Terumbu Karang

Situasi ini, menurut Arven, menjadi semakin tidak ideal bagi posisi Kemenhan ketika harus diperhadapkan dengan pilihan antara pertahanan dengan kesejahteraan prajurit. Karena itu, Arven menegaskan pilihan Menhan yang sejak awal mendorong penguatan industri dalam negeri harus didukung penuh sebagai langkah efisiensi anggaran pertahanan. [IAN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense