BREAKING NEWS
 

Keliling Jatim Dari Pagi Sampai Sore

Jokowi Lagi Dorong Puan?

Reporter & Editor :
APRIANTO
Jumat, 30 April 2021 07:10 WIB
Presiden Joko Widodo (ketiga kanan) didampingi Ketua DPR RI Puan Maharani (kedua kanan) dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (kanan) berdialog dengan petani dalam Kunjungan Kerja di Kanigoro, Pagelaran, Malang, Jawa Timur, Kamis (29/4/2021). (Foto: ANTARA/Ari Bowo Sucipto)

RM.id  Rakyat Merdeka - Seharian kemarin, Puan Maharani menghabiskan waktu bersama Presiden Jokowi di Jawa Timur. Selain ikut kegiatan formal, Ketua DPR ini juga diajak Jokowi blusukan ke tengah sawah dan berdialog dengan wong cilik. Kegiatan yang tak biasa ini, menimbulkan banyak spekulasi. Apakah Jokowi sedang berupaya naikin Puan?

Elektabilitas Puan sebagai calon presiden menurut berbagai lembaga survei tak segemilang dengan berbagai jabatan yang dipegangnya. Di internal Banteng saja, elektabilitas Puan masih tertinggal jauh dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Padahal, sebagai putri mahkota, Puan pernah menduduki beberapa jabatan strategis. Di pemerintahan, Puan pernah menjabat Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan di Kabinet Indonesia Kerja. Di parlemen, jabatan Puan saat ini sangat bergengsi sebagai Ketua DPR. Belum lagi trahnya sebagai keluarga Soekarno, tentu punya kans besar untuk mendapatkan tiket bertarung di Pilpres 2024. Meskipun pamornya masih belum memuaskan.

Baca juga : Anies-Khofifah Duet Maut Nih

Kemarin, sebagai Ketua DPR, untuk pertama kalinya Puan ikut langsung sejumlah kegiatan Jokowi. Pagi-pagi, Puan sudah berada di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta. Ia mengenakan pakaian serba hitam. Formal. Tapi terlihat kasual dan sporty karena tas selempang mini dan sneakers yang dikenakannya.

Lalu, Puan terbang ke Malang, Jawa Timur bersama Jokowi menaiki Pesawat Kepresidenan Indonesia-1. Dari pimpinan DPR, cuma ada Puan di dalam pesawat itu. Sementara dari anggota kabinet, ada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Tiba di Pangkalan TNI AL Juanda, Kabupaten Sidoarjo, Presiden dan rombongan disambut tuan rumah, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Lalu langsung bergegas menuju Hanggar Lanudal Juanda.

Baca juga : SIM Keliling Polda Metro, Hari Ini Hanya Sampai Pukul 12 Siang

Di sana, keluarga, istri dan anak korban KRI Nanggala-402 sudah menunggu. Selain itu, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan KSAL Laksamana Yudo Margono, juga ikut menghadiri.

Jokowi menyapa, berbincang dan menyimak dengan seksama cerita-cerita keluarga korban. Pun demikian Puan. “Kami menyadari bahwa duka yang paling dalam pasti dirasakan oleh anggota keluarga,” ucap Puan.

Ia duduk di samping Jokowi ketika RI 1 itu menyampaikan sepatah dua kata. Silaturahmi, berlangsung penuh kekeluargaan. Dalam kesempatan itu, Jokowi memberikan penghargaan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi kepada para awak KRI Nanggala-402 yang gugur. Ia juga menjamin pendidikan putra-putri awak kapal selam tersebut hingga perguruan tinggi.

Baca juga : Ketemu PM Vietnam, Jokowi Ngomongin 4 Hal Penting Ini

“Nanti ibu-ibu sekalian akan juga dibangunkan rumah yang tempatnya kami nanti mengikuti ibu-ibu semuanya. Terserah bisa di Gresik, di Sidoarjo, atau di tempat lain,” ucap Jokowi.

Adsense

Kelar acara itu, Jokowi dan Puan pergi ke Desa Kanigoro, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang. Menengok petani. Di sana, ada yang lagi panen, ada pula yang lagi nanam padi. Dua anak banteng itu terlihat menyapa dan berbaur dengan petani, hingga jongkok bareng di pematang sawah.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense