BREAKING NEWS
 

Dubes Negara Sahabat Dan Bank Dunia Puji Rehabilitasi Mangrove RI

Reporter : NOVALLIANDY
Editor : MUHAMAD FIKY
Selasa, 19 Oktober 2021 22:16 WIB
Presiden Jokowi berbincang bersama para duta besar dan perwakilan Bank Dunia di saung usai melakukan penanaman mangrove di Desa Bebatu, Kabupaten Tana Tidung, Kalimantan Utara, pada Selasa, (19/10). Foto: BPMI Setpres

RM.id  Rakyat Merdeka - Para duta besar negara sahabat dan perwakilan Bank Dunia mengapresiasi program rehabilitasi mangrove yang terus digalakkan Pemerintah Indonesia.

Apresiasi tersebut,  datang dari Country Director Bank Dunia, Satu Kahkonen.  Menurutnya, program yang tengah dijalankan oleh Pemerintah Indonesia dan dipimpin oleh Presiden Jokowi memiliki arti penting tidak hanya bagi Indonesia, tapi juga bagi seluruh dunia.

“Ini adalah program restorasi mangrove terbesar di dunia. Kami memuji Pemerintah Indonesia atas program tanam mangrove ini,” ujar Kahkonen saat mengikuti penanaman mangrove bersama Presiden Joko Widodo di Desa Bebatu, Kecamatan Sesayap Hilir, Kabupaten Tana Tidung, Provinsi Kalimantan Utara, Selasa (19/10)

Senada diungkapkan oleh Duta Besar Ceko untuk Indonesia, Jaroslav Dolecek. Dubes Ceko mengatakan, rehabilitasi mangrove merupakan hal yang penting bagi semua negara, bukan hanya bagi negara tertentu saja.

Baca juga : Dubes Uni Eropa Igor Driesman Tanam Mangrove Di Muara Angke

“Karena iklim global bukan menyangkut individu atau satu Pemerintah, tetapi kita semua,” kata Jaroslav dikutip presidenri.go.id..

Duta Besar Finlandia untuk Indonesia, Jari Sinkari, mengatakan bahwa hutan mangrove sangat efisien dalam menyerap gas karbondioksida. 

Adsense

Oleh karena itu, ia juga memuji langkah Pemerintah Indonesia yang berfokus pada penanaman mangrove.

“Saya mengucapkan selamat kepada Pemerintah Indonesia atas pilihannya,” ucap Dubes Finlandia.

Baca juga : Menko Airlangga Serahkan Bantuan Tunai Kepada 65 PKL di Kota Mataram

Sementara itu, Duta Besar Swiss untuk Indonesia Kurt Kunz berharap program rehabilitasi mangrove ini bisa menjadi contoh dan stimulus bagi masyarakat Indonesia dan dunia.

“Stimulus untuk lebih menghormati alam, menjaga alam, untuk hidup lebih serasi dengan alam,” ungkap Kunz.

Adapun Deputi Dubes Brazil, Daniel Barra Ferreira, merasa sangat terhormat dan senang diundang untuk menemani Presiden Jokowi dalam penanaman mangrove di Kalimantan Utara. 

Menurutnya, program rehabilitasi mangrove menunjukkan komitmen kuat Indonesia dalam pembangunan berkelanjutan.

Baca juga : Warga Afghanistan Pakai Bitcoin Atasi Masalah Keuangan

“Hal ini menunjukkan komitmen yang mendalam dari Indonesia dengan pembangunan berkelanjutan serta konservasi dan restorasi kawasan penting seperti mangrove,” kata Daniel.

Dubes yang hadir tampak sangat antusias menanam mangrove bersama Presiden Jokowi. Mereka kompak mengenakan sesingal tidung, ikat kepala khas Tidung, yang diberikan oleh Wakil Bupati Tidung, Hendrik, sebelum  turun menanam mangrove. Tampak mendampingi Presiden Jokowi, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar. [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense