Dewan Pers

Dark/Light Mode

Dubes Kama Sampaikan Salam Jokowi Kepada Presiden Latvia

Selasa, 5 Oktober 2021 22:08 WIB
Dubes RI untuk Swedia dan Latvia, Kamapradipta Isnomo (kiri), bertemu Presiden Latvia Egils Levits, Selasa (5/10). (Foto KBRI Stockholm)
Dubes RI untuk Swedia dan Latvia, Kamapradipta Isnomo (kiri), bertemu Presiden Latvia Egils Levits, Selasa (5/10). (Foto KBRI Stockholm)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Indonesia di Stockholm, Swedia, Kamapradipta Isnomo menyerahkan Surat Kepercayaan (Letters of Credentials) kepada Presiden Latvia, Egils Levits, pada 5 Oktober 2021, di Istana Riga.

Saat penyerahan, Dubes Kamapradipta menyampaikan salam dan pesan dari Presiden Joko Widodo yang mendorong peningkatan perdagangan dan hubungan antarmasyarakat kedua negara.

Berita Terkait : Maruarar Ucapkan Terima Kasih Ke Jokowi Dan Megawati

Setelah penyerahan credentials, Dubes diterima Presiden Levits untuk melakukan pertemuan mata. Dalam pertemuan itu, dibahas tiga hal.

Pertama, keinginan kedua negara untuk meningkatkan hubungan perekonomian, terutama perdagangan dua arah. Latvia adalah negara mitra dagang terbesar di wilayah Baltik, dengan nilai total transaksi sebesar 95 juta dolar AS atau Rp 1,3 triliun pada 2020.

Berita Terkait : Kemenkes Maksimal Siapkan Layanan Kesehatan PON XX Papua

"Latvia adalah negara mitra penting bagi Indonesia di wilayah Baltik. Sebagai negara anggota Uni Eropa, Latvia memiliki daya tarik untuk menjadi pintu masuk produk Indonesia untuk masuk ke pasar UE dan wilayah Baltik," ujar Dubes Kama, sapaan akrabnya.

Selain perdagangan, Latvia juga negara yang berpotensi untuk menjadi mitra untuk investasi di bidang manajemen pelabuhan dan logistik. Pada sektor pariwisata, jumlah kunjungan wisatawan Latvia ke Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Dengan puncaknya pada 2019 yang mencapai 5.000 pengunjung.
 Selanjutnya