BREAKING NEWS
 

Indonesia Beberkan Capaian Parlemen Modern Di Forum ASGP

Reporter & Editor :
FAQIH MUBAROK
Selasa, 22 Maret 2022 14:38 WIB
Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR Indra Iskandar. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR Indra Iskandar menyampaikan sejumlah pencapaian Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR untuk mewujudkan parlemen modern dalam Sidang Asosiasi Sekretaris Jenderal Parlemen Association of Secretaries General of Parliaments (ASGP) yang masih merupakan rangkaian acara Sidang Inter Parliamentary Union (IPU) ke-144 di Nusa Dua, Bali.  

"Saya akan menyampaikan mengenai peran penting dari Sekretariat Jenderal DPR RI yang mengusung konsep parlemen modern," kata Indra saat menjadi pembicara dalam sidang ASGP di Bali International Convention Center (BICC), Nusa Dua, Senin (21/3).  

Menurut Indra, DPR senantiasa melakukan reformasi kelembagaan dengan mengusung konsep parlemen modern, salah satunya dengan mendorong pemanfaatan energi hijau yang ramah bagi lingkungan.  

Baca juga : Di Sidang IPU, Indonesia Perjuangkan Perdamaian Rusia-Ukraina

Dia mengatakan, tahapan transisi energi membutuhkan dukungan serta political will. Sejalan dengan itu sejak Desember 2021,  Setjen DPRI membangun panel surya untuk memenuhi kebutuhan tambahan listrik gedung-gedung yang berada di kompleks parlemen.  

"Pemasangan panel listrik ini menunjukkan komitmen DPR RI untuk membangun green building, meningkatkan pemanfaatan energi baru terbarukan, dan menjadi pelopor upaya penurunan emisi gas rumah kaca," tutur Sekjen DPR ini.

Adsense

Selain kebijakan ramah lingkungan, lanjut Indra, penguatan sistem pendukung sarana dan prasarana terus diperkuat agar pemenuhan hak rakyat untuk dapat mengakses dan mengetahui DPR RI lebih dekat. Hal itu diwujudkan melalui implementasi keterbukaan informasi publik.

Baca juga : Jelang Lawan Persikabo, Skuad Laskar Rencong Minus Striker Murni

"DPR sudah mulai membuka akses seluas-luasnya dengan elemen masyarakat baik langsung maupun melalui teknologi, bahkan sebelum pandemi Covid-19" ujarnya.  

Indra menambahkan, kondisi pandemi Covid-19 telah mendorong untuk pemanfaatan potensi teknologi sepenuhnya dan melakukan langkah adaptasi. Layaknya parlemen lain, DPR ?ulai gencar memanfaatkan berbagai platform media untuk mengakomodir pelaksaan rapat secara virtual. 

"Hak atas informasi menjadi sangat penting dalam upaya menjadikan proses keterbukaan penyelenggara negara kepada publik," katanya.  

Baca juga : 5 Laga Sisa Bakal Menentukan Masa Depan Pemain Persija

Selain itu, Setjen DPR terus berinovasi dengan menghadirkan 100 layanan aplikasi untuk mendukung pelayanan kepada anggota parlemen. Infrastruktur digital tersebut tidak hanya memudahkan anggota parlemen, tetapi juga memberikan kemudahan akses bagi masyarakat serta mendorong budaya paperless yang ramah lingkungan.  

Selanjutnya, Indra menekankan bahwa reformasi kelembagaan membutuhkan upaya yang serius dari Setjen DPR agar mampu mewujudkan cetak biru reformasi lembaga DPR.

"Tentunya, upaya penguatan Setjen DPR RI melalui proses reformasi kelembagaan yang sedang dilakukan sangat membutuhkan dukunngan semua pihak guna mewujudkan demokrasi modern di Indonesia," imbuhnya. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense