BREAKING NEWS
 

Penularan Covid-19 Terus Meningkat

Buruan..., Genjot Lagi Dong Vaksinasi Ketiga

Reporter : HAIKAL AMIRULLAH
Editor : ACHMAD ALI FUTHUHIN
Minggu, 31 Juli 2022 07:50 WIB
Ilustrasi vaksinasi booster. (Foto: Rizki Syahputra/RM)

 Sebelumnya 
Di tengah menurunnya semangat untuk vaksinasi, sangat tepat jika persyaratan booster pada mode transportasi tempat perkantoran dan fasilitas umum diberlakukan.

“Saya kira langkah yang tepat jika persayaratan booster diberlakukan ke tempat umum. Kebijakan seperti ini akan kembali meningkatkan kesadaran masyarakat untuk booster,” ucapnya.

Baca juga : Satgas PMK Daerah Diminta Genjot Vaksinasi Dosis Pertama

Ketua DPR Puan Maharani pun mendukung program pemberian dosis keempat vaksin Covid-19 bagi tenaga kesehatan. Namun, Pemerintah di­minta tetap mengejar target jumlah pemberian booster pertama untuk masyarakat umum, mengingat cakupannya masih rendah.

Puan bilang, kasus Covid-19 mengalami lonjakan signifikan beberapa waktu terakhir ini. Bahkan, penambahan kasus sudah mencapai lebih dari 7 ribu dalam satu hari. Sehingga, nakes harus menjadi prioritas vaksinasi booster kedua, menyusul adanya dua dokter yang meninggal dunia saat varian baru Omicron merebak di Indonesia.

Baca juga : Pemulihan Ekonomi, Menkominfo Genjot Digitalisasi UMKM

Puan juga berharap, pemerintah menyiapkan vaksin Covid-19 sebanyak-banyaknya agar program vaksinasi booster kedua bisa segera diberikan kepada masyarakat umum. Vaksin dosis keempat dibutuhkan untuk kembali menguatkan kekebalan tubuh sekaligus upaya mengurangi penyebaran varian Covid-19 baru.

Puan bilang, cakupan vaksinasi booster pertama masih berada di angka 25 persen dari target per Juli ini. Angka tersebut jauh di bawah cakupan 2 dosis vaksin sebelumnya. Rendahnya cakupan booster pertama akan berdampak pada kekebalan komunitas, terutama di tengah pemulihan ekonomi nasional.

Baca juga : Kunjungan Wisatawan Meningkat, Himpunan Pramuwisata Kukar Dukung IKN

Sementara, kata Puan, mobilitas masyarakat saat ini telah kembali normal. “Intervensi melalui kebijakan yang mewajibkan booster harus lebih diperbanyak. Dengan begitu, kesadaran masyarakat untuk menerima vaksin dosis ketiga akan meningkat,” ungkapnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense