BREAKING NEWS
 

Penting, Strategi Pengendalian Potensi Covid-19 dari Klaster Pekerja

Reporter & Editor :
UJANG SUNDA
Senin, 8 Juni 2020 14:04 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - DKI Jakarta sudah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar Transisi (PSBB Transisi) sejak Jumat (5/6) pekan kemarin. Ketua MPR Bambang Soesatyo penyambut baik penerapan ini. Karena penerapan ini bisa mendorong kembali bergeliatnya roda ekonomi.

Politisi yang akrab disapa Bamsoet ini pun berpesan, agar pemerintah mencari cara yang tepat agar tidak terjadi lonjakan kasus Covid-19 baru. “Diperlukan strategi/upaya pemerintah dalam mengendalikan potensi penyebaran Covid-19 dari klaster pekerja selama PSBB Transisi berlaku,” ucapnya, di Jakarta, Senin (8/6).

Adsense

Baca juga : Larangan Mudik Berakhir, Tapi Pengendalian Transportasi Tetap Ada

Mantan Ketua DPR ini mendorong pemerintah memperketat penerapan protokol kesehatan, seperti penerapan physical distancing, pemeriksaan kesehatan dan melakukan tes Covid-19 secara masif di setiap sarana transportasi publik yang menjadi pintu masuk ke Jakarta. Seperti di bandara, terminal bus, stasiun MRT, stasiun KRL. “Ini guna mengantisipasi para pendatang baru yang berasal dari luar daerah,” terangnya.

Bamsoet juga mendorong pemerintah fokus dalam mengendalikan dampak arus balik warga dari berbagai daerah menuju ke Jakarta. Kemudian, tetap melaksanakan protokol kesehatan terhadap penumpang yang menggunakan transportasi umum dibawah pengawasan ketat aparat yang bertugas, agar dapat mencegah penyebaran Covid-19.

Baca juga : Pentingnya Gotong Royong Sektor Pendidikan di Masa Pandemi

Dia juga berpesan agar Kementerian Ketenagakerjaan, melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, menugaskan setiap perusahaan untuk mendata para karyawannya yang mudik Lebaran dan melakukan tes swab maupun tes kesehatan dan melakukan karantina pribadi sebelum mulai beraktivitas kembali. “Pemerintah perlu juga menginstruksikan kepada semua instansi, baik di pusat maupun di daerah, untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi karyawan yang mulai kembali bekerja,” tutupnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense