Dewan Pers

Dark/Light Mode

Presiden Puji Penurunan Penyebaran Covid Di Bekasi

Selasa, 26 Mei 2020 23:08 WIB
Jokowi meninjau persiapan penerapan standar New Normal di Summarecon Mal Bekasi  Bekasi, Selasa, (26/05).
Jokowi meninjau persiapan penerapan standar New Normal di Summarecon Mal Bekasi Bekasi, Selasa, (26/05).

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi mengapresiasi penurunan penyebaran wabah virus Covid-19 di  Bekasi, Jawa Barat.

Jokowi pun meminta Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi terus menekan penyebaran Covid-19  di Bekasi, yang saat ini sudah di bawah 1.

Hal itu disampaikan Jokowi saat meninjau persiapan penerapan standar New Normal di Summarecon Mal Bekasi  Bekasi, Selasa, (26/05).

Berita Terkait : Mal Dibuka Lagi, Ombudsman: Rawan Jadi Penyebaran Covid-19 Baru

"R0 di Bekasi sudah di bawah 1. Itu sudah bagus. Kita harapkan Wali Kota dan Gubernur Jawa Barat, terus ditekan R0 di bawah 1," pintah Jokowi.

Dalam kunjungannya, Presiden ingin masyarakat bisa tetap produktif namun aman dari ancaman Covid-19 dengan menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan.

"Aktivitas di sini tetap ada, tapi harus lebih didisiplinkan sesuai protokol kesehatan. Kebijakan ini harus benar-benar dijalankan. TNI/Polri akan mengawasi pelaksanaan di lapangan," tegasnya.

Berita Terkait : Ini Tips Aman Berlebaran di Masa Pandemi

Eks Gubernur DKI ini mengatakan, bahwa mulai hari ini, TNI-Polri telah mengerahkan personel untuk mengawasi penerapan protokol kesehatan di empat provinsi yang diproyeksikan siap menerapkan standar normal baru, yakni Sumatera Barat, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Gorontalo serta 25 Kabupaten/Kota.

“Dalam sepekan ke depan, kita akan evaluasi proses pendisiplinan. Kita ingin masuk ke normal baru, masuk ke tatanan baru dan kita ingin muncul kesadaran yang kuat, kedisiplinan yang kuat sehingga R0 bisa terus ditekan di bawah 1," katanya.

Presiden juga akan melihat dampak penerapan standar normal baru dalam sepekan ke depan, dan akan memperluas penerapannya ke Kabupaten/Kota lain. 

Berita Terkait : Tekan Penyebaran Covid-19, Karyawan Bhinneka Life Berikan APD Untuk Tenaga Medis

“Kuncinya, disiplin. Mudah mudahan RO bisa terus ditekan di bawah 1 di setiap daerah,” pungkasnya. [FIK]