BREAKING NEWS
 

Program Pemerintah Dinilai Tepat Sasaran

Kemiskinan Pedesaan Turun Lebih Cepat Dari Perkotaan

Reporter & Editor :
ACHMAD ALI FUTHUHIN
Senin, 6 September 2021 07:05 WIB
Anggota Komisi V DPR, Suryadi Jaya Purnama (Foto: Dok. DPR RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Politisi Senayan mengapresiasi kebijakan pemerintah dalam menuntaskan problem-problem di pedesaan. Pembangunan desa menunjukkan hasil nyata. Angka kemiskinan di desa turun lebih cepat daripada di daerah perkotaan

Anggota Komisi V DPR, Suryadi Jaya Purnama mengatakan, kondisi tersebut menunjukkan bahwa anggaran dan program pemerintah tepat sasaran. Setiap rupiah yang dikucurkan, tegasnya, lebih berdampak dan efektif jika dilaksanakan di daerah-daerah pedesaan dibanding di perkotaan.

Baca juga : Go Green, Pertamina Targetkan Penurunan Emisi Karbon 34 Ribu Ton

“Mudah-mudahan keberpihakan ini terus dijaga supaya problem-problem di desa ini bisa kita atasi,” harap Suryadi.

Dia juga berharap, Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal (Kemendes PDT) bisa lebih kreatif dan inovatif mencapai target-target pembangunan di pedesaan. Apalagi jumlah desa saat ini terbilang besar, sementara dukungan anggaran di Tahun 2022 yang dimiliki Kemendes sangat kecil.

Baca juga : Pemerintah Salurkan 395 Unit Bantuan PSU Di Papua

Untuk itu, dia menyarankan agar program pedesaan lebih didasarkan pada kriteria dan indikator penerima, bukan hanya berbasis angka. “Jadi ada kriteria dan skor, misal berdasar indeks pembangunan manusianya yang paling rendah,” sarannya.

Adsense

Selain itu, perlu ada kolaborasi antarkementerian dan lembaga dalam pemantapan program-program di pedesaan. Salah satunya melalui Program Desa Mandiri Energi. Dijelaskan dia, saat ini saja masih banyak desa yang hanya mengandalkan kayu bakar sebagai sumber energi, salah satunya untuk masak.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense