BREAKING NEWS
 

Dirayu Gabung KIB

Perindo Dan PSI Nunggu Tanda-tanda Alam

Reporter : FAQIH MUBAROK
Editor : ACHMAD ALI FUTHUHIN
Sabtu, 13 Agustus 2022 07:35 WIB
Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani. (Foto: Dok. DPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) membuka ruang yang luas bagi partai lain untuk bergabung. Termasuk partai yang berada di luar Senayan atau nonparlemen.

Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani menyebutkan nama Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo) saat ditanya partai apa yang bakal bergabung ke KIB. “Coba tanya ke Perindo-PSI, tanya mereka,” kata Arsul di Gedung KPU RI, Jakarta, Rabu (10/8).

Apalagi, kata Arsul, PSI telah memberi sinyal. “Katanya PSI kan sudah tanda-tanda alam,” sebutnya.

Baca juga : Lawan PSIS, Kuipers Usung Semangat Kebangkitan

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menyambut baik jika ada partai lain yang mau bergabung. “Dengan senang hati, kami kasih karpet biru,” ucap pria yang menjabat sebagai Menteri Perdagangan ini.

Sementara itu, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartanto mengungkapkan, KIB akan menggelar pertemuan koalisi di Kota Surabaya, Jawa Timur, Minggu (14/8). Kata Airlangga, akan ada kejutan di pertemuan ini. “Tunggu nanti tanggal 14 ada agenda lanjutan di Surabaya, terkait apa dari isi yang akan dibawa KIB,” ujarnya.

Adsense

Ketua Umum PPP, Suharso Monoarfa menimpali, pertemuan di Surabaya tak akan membahas spesifik soal calon presiden (capres). Pertemuan fokus memperkenalkan program-program KIB. “Kejutannya, nanti akan ada yang hadir pada tanggal 14, kita lihat di Surabaya,” tandasnya.

Baca juga : Gerindra Mau Gandakan Kekuatan

Lalu bagaimana tanggapan Partai Perindo? Sekretaris Jenderal partai besutan Hary Tanoesoedibjo, Ahmad Rofiq menjawab diplomatis dengan nada bercanda. “Nunggu wangsit dulu,” kata Rofiq kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Diungkapkan Rofiq, saat ini Perindo masih fokus mengikuti mekanisme verifikasi pendaftaran calon peserta Pemilu 2024. Komunikasi juga terus dibangun dengan partai Senayan maupun nonparlemen. “Perindo posisinya KIS. Maksudnya, koalisi Indonesia untuk semua,” tambahnya.

Senada. Ketua Bidang Kaderisasi dan Kader Partai Perindo, Yusuf Lakaseng mengatakan, bicara koalisi masih jauh. Koalisi yanga sedang dikerjakan Perindo adalah KIS alias Koalisi Indonesia untuk Semua. Pihaknya berdialog dengan semua partai.

Baca juga : Jadi Pendorong Pemulihan Ekonomi, Ini Tantangan IKM Mamin

Menurutnya, Perindo ingin jadi jembatan persatuan. Perindo berharap Pemilu 2024 harus menjadi pesta rakyat untuk mencari yang terbaik dari yang baik.

“Menjaga persatuan lebih penting dari perebutan kekuasaan, kami mengajak semua pihak untuk berkompetisi tanpa merusak harmoni,” tandasnya.

Bagaimana dengan PSI? Sekretaris Dewan Pembina PSI Raja Juli Antoni mengakui, memang belum ada keputusan final koalisi dalam Pilpres 2024. Yang jelas, komunikasi politik berjalan dengan seluruh partai. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense