BREAKING NEWS
 

Survei Litbang Kompas: Ganjar Pranowo Capres Favorit Gen Z

Reporter : AHMAD LATHIF ROSYIDI
Editor : OKTAVIAN SURYA DEWANGGA
Rabu, 2 November 2022 19:20 WIB
Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Litbang Kompas merilis hasil survei bertajuk "Membaca Arah Pilihan Gen Z di Pemilu 2024". Nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi calon presiden yang paling banyak dipilih oleh Gen Z dengan elektabilitas 28,1 persen.

Generasi Z dalam survei ini merupakan responden yang berusia antara 17 hingga 25 tahun. Dalam survei, Ganjar jauh mengungguli dua nama kuat lainnya, yakni Prabowo Subianto (16,6 persen) dan Anies Baswedan (13,3 persen).

Baca juga : Ribuan Kader PKB Gaungkan Prabowo Presiden

Peneliti Litbang Kompas Arita Nugraheni menjelaskan kualitas sosok pada partai memegang kunci keterpilihan partainya. Hal ini dibuktikan dengan 21,1 persen responden dari gen Z yang menjadikan tokoh sebagai alasan utama saat memilih partai.

Adsense

"Kini, menjadi tugas partai untuk mengombinasikan kematangan tokoh yang dapat menerapkan program kerja tepat guna demi menjawab tantangan elektoral," kata Arita, Rabu (2/11). 

Baca juga : Ganjar Pranowo Festival #4 Berlangsung Meriah

Menurutnya, potensi pemilih Gen Z yang terbuka pada hal-hal baru semestinya bisa menjadi catatan bagi peserta pemilu agar lebih meningkatkan daya tawarnya.

Untuk menggaet Gen Z yang kritis dan rasional, peserta pemilu semestinya lebih mengedepankan program dibandingkan hanya relasi emosional.

Baca juga : DPW PPP Lampung Dukung Ganjar Pranowo Presiden 2024

Survei Litbang Kompas ini dilakukan pada 24 September-7 Oktober 2022 yang melibatkan 1.200 responden dan dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi.

Tingkat kepercayaan survei ini mencapai 95 persen, dengan margin of error sekitar 2,8 persen. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense