BREAKING NEWS
 

Lindungi Orang Sekitar, Sekjen PAN Tujuh Kali Swab Test

Reporter : KHOIRUL UMAM
Editor : ADITYA NUGROHO
Sabtu, 3 Oktober 2020 19:45 WIB
Sekjen PAN, Eddy Soeparno. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekjen PAN, Eddy Soeparno mencatat, sudah tujuh kali swab test Corona (Covid-19). Eddy mengatakan, dirinya rela melakukan swab berkali-kali sebagai langkah preventif melindungi masyarakat lainnya dari ancaman Covid-19.

"Swab test ini perlu untuk mengetahui kondisi saya masih tetap sehat dan tidap terpapar Covid-19. jadi, secara tidak langsung, saya melindungi diri dan juga orang di sekitar," ujarnya saat ditemui wartawan di Jakarta, Sabtu (3/10).

Berdasarkan pengalaman pribadinya, Eddy mengungkapkan, relatif sering berinteraksi dengan publik. Baik kegiatan di Kantor DPP PAN, hingga pertemuan dengan kader-kader PAN dari seluruh Indonesia. Menurutnya, pemeriksaan swab test kurang lebih sama saat mengunjungi dokter untuk pemeriksaan secara umum. 

Baca juga : Gandeng Karang Taruna, Pegadaian Dorong Wirausahawan Muda

"Karena tidak pernah melaksanakan swab test sebelumnya, tentu kita agak berdebar-debar dan khawatir. Terutama jika ada pemeriksaan yang berakibat rasa sakit atau gak nyaman. Setelah swab test kedua dan ketiga segala sesuatu menjadi relatif normal karena sudah biasa," urai Wakil Ketua Komisi VII DPR RI itu.

Adsense

Eddy menekankan, swab test bukan untuk mencegah penularan Covid-19. Namun, dapat memberikan pemahaman dan kepastian kepada masyarakat, apakah terpapar Covid-19 atau tetap aman? Sehingga bisa mencegah penularan lebih lanjut. 

"Ketika kita tahu bahwa kita aman, rasa aman dan nyaman bisa kembali ke rumah berkumpul dengan keluarga. Tapi jika, nauzubillah minzalik, kita ternyata terpapar, tentu kita tidak akan menyebarkan dengan orang lain. Kita langsung mengisolasi mandiri atau dirawat di rumah sakit," ujarnya.

Baca juga : Giring Mau Nyapres, Sekjend PAN : Nyapres Itu Hal serius, Bukan Main-main

Idealnya, lanjut Eddy, warga perlu melakukan minimal satu kali swab test. Tujuannya, untuk mengetahui kondisi fisiknya, apakah terpapar atau tidak. Sehingga, dapat mengantispiasi melalui tindakan berikutnya. 

Namun, dari pengalaman pribadinya, Eddy menilai biaya swab test masih tergolong mahal untuk masyarakat menengah ke bawah. Untuk itu, wakil rakyat Dapil Cianjur itu, mendorong pemerintah agar memberikan swab test gratis. Khususnya di zona hitam dan merah. 

"Oleh karena itu, ada manfaat positif jika swab test dilakukan secara gratis. Khususnya, masyarakat yang tinggal di zona hitam dan merah," tutup Eddy. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense