BREAKING NEWS
 

Rebut Emas SEA Games, Tuntaskan Dahaga 45 Tahun, Tumbangkan Dominasi Filipina

Erick: Ini Momen Kebangkitan, Prestasi Basket Kita Masih Bisa Terus Melambung

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Senin, 23 Mei 2022 08:00 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Central Board Federasi Basket Internasional (FIBA) Erick Thohir sangat mengapresiasi prestasi bersejarah yang ditorehkan tim basket putra Indonesia pada ajang SEA Games 2022.

Untuk pertama kalinya, sejak keikutsertaan Indonesia pada ajang basket SEA Games pada 1977, medali emas akhirnya bisa direbut.

 

Sukses tim basket putra merebut medali emas di ajang SEA Games 2022, diabadikan Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) melalui akun Instagramnya.

Baca juga : 3 Negara Berebut Piala Dunia 2026

 

Hebatnya, medali emas diraih dengan mengalahkan tim yang sudah lebih dari 30 tahun tak terkalahkan di Asia Tenggara, Filipina.

Adsense

"Kepada seluruh individu dan institusi, terima kasih untuk percaya dan dorong prestasi bola basket Indonesia," ujar Erick dalam keterangan tertulisnya, Minggu (22/5).

Baca juga : Si Nyonya Tua Kecewa, Tapi Puas

Indonesia memastikan medali emas itu, usai mengalahkan Filipina pada laga terakhir pertandingan dengan format round robin di Thanh Tri Gymnasium, Minggu (22/5) sore WIB. Indonesia menang 85-81 Filipina.

Indonesia berhasil meraih medali emas karena menempati posisi puncak babak grup, yang menggunakan sistem round robin dengan torehan 12 poin.

Tim Merah Putih mengungguli Filipina, yang menempati posisi kedua dengan 11 poin.

Baca juga : Marseille Amankan Tiket Champions

Erick yang pernah menjadi tim manajer basket SEA Games 2001 dan ketika itu meraih medali perak menyatakan, torehan tertinggi tersebut menjadi momentum bagus bagi timnas basket yang akan menjadi tuan rumah FIBA Asia Cup 2022, Juli mendatang.

"Ini momen kebangkitan. Saya mengapresiasi kerja keras seluruh pemain, pelatih, dan pengurus yang punya motivasi tinggi dan rasa percaya diri besar untuk terus mendorong prestasi bola basket Indonesia ke level yang lebih tinggi," tambah pria yang juga menjadi anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC) ini.

Sebelum menyabet medali emas di ajang pesta olahraga Asia Tenggara, prestasi terbaik Indonesia di SEA Games adalah empat kali meraih medali perak dan tiga perunggu. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense