Dark/Light Mode

Setelah 45 Tahun, Basket Gondol Emas SEA Games

Senin, 23 Mei 2022 05:59 WIB
Tim basket putra Indonesia. (Foto: NOC)
Tim basket putra Indonesia. (Foto: NOC)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim basket putra Indonesia mencetak sejarah dengan menumbangkan Filipina dan merebut emas SEA Games pertama sejak 1977 di SEA Games 2021 Vietnam yang digelar di Thanh Tri Sport Information and Culutural Center Gymnasium, Minggu (22/5). 

Hasil itu membuat lagu Indonesia Raya berkumandang di Thanh Tri Gymnasium, Hanoi, Minggu (22/5/2022) sore. Ini makin spesial karena tim bola basket putra Indonesia bisa juara di SEA Games untuk pertama kalinya.

Baca juga : Mantap, Indonesia Juara Umum Menembak SEA Games

Indonesia belum pernah meraih medali emas bola basket putra SEA Games sejak mulai berpartisipasi pada 1977 dan selalu saja harus puas dengan perak di bawah Filipina, yang memang punya reputasi sebagai raja bola keranjang Asia Tenggara yang bahkan tampil di Piala Dunia FIBA dalam beberapa kesempatan.

Pada SEA Games 2019, Indonesia bahkan harus pulang dengan tangan hampa setelah ditaklukkan Vietnam dalam perebutan medali perunggu, hasil yang terjun bebas dibandingkan perak dalam SEA Games Kuala Lumpur 2017.

Baca juga : Sukses Besar, Karate Lampaui Target Emas SEA Games

Berbeda dengan Filipina yang menjadi juara bola basket pertama kali sejak 1977 dan hingga penyelenggara 2019 hanya sempat melepas gelar kepada Malaysia pada 1979 dan 1989 ini akhirnya harus mengakui keunggulan Indonesia sebagai juara baru bola basket di kawasan Asia Tenggara. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.