Dark/Light Mode

Liga Prancis

Marseille Amankan Tiket Champions

Senin, 23 Mei 2022 07:00 WIB
Gerson. (Foto: Getty Images).
Gerson. (Foto: Getty Images).

RM.id  Rakyat Merdeka - Klub Marseille berhasil meraih tiket Liga Champions musim depan mewakili Prancis. Kepastian itu diraih setelah Marseille menang telak atas Strabourg 4-0 di laga terakhir Ligue 1, dini hari kemarin.

Marseille mengawali laga di posisi ketiga klasemen, yang berarti harus melalui babak kualifikasi putaran ketiga Liga Champions, kalah selisih gol dari peringkat dua Monaco. Itu berarti mereka harus meraih kemenangan besar untuk naik ke posisi kedua klasemen.

Jawara Ligue 1 1993 itu sukses melakukan misi mereka dengan melumat Strasbourg dalam laga di Stade Velodrome lewat dua gol yang dicetak Gerson, Cengiz Under, dan Cerdric Bakambu.

Baca juga : Man City Juara, Chelsea, Liverpool Dan Spurs Pastikan Tiket Liga Champions

Tidak lama setelah gol Bakambu itu, pendukung Marseille bersorak kegirangan setelah mendengar kabar bahwa Monaco kebobolan di masa injury time sehingga ditahan imbang 2-2 di markas Lens.

Monaco, yang sukses menduduki peringkat kedua klasemen setelah membukukan sembilan kemenangan beruntun, nampaknya akan meraih kemenangan beruntun kesepuluh setelah bangkit dari ketertinggalan untuk memimpin 2-1 berkat gol dari Benoit Badiashile dan Wissan Ben Yedder.

Namun, Ignatius Ganago mencetak gol pada menit keenam masa injury time untuk memastikan Lens meraih hasil imbang dan memaksa Monaco menduduki peringkat ketiga sehingga harus melewati dua babak kualifikasi sebelum mencapai babak penyisihan grup Liga Champions.

Baca juga : Chelsea Segel Tiket Liga Champions, Everton Selamat

Monaco gagal tampil di babak penyisihan grup Liga Champions musim ini setelah kalah di babak play off dari klub Ukraina Shakhtar Donetsk. Marseille menyusul juara Ligue 1 meraih tiket ke Liga Champions sementara Rennes akan berlaga di Liga Europa, usai mengamankan posisi keempat setelah bermain imbang 2-2 di kandang Lille.

Timothy Weah mencetak dua gol untuk Lille. Namun, Benjamin Bourigeaud mencetak gol di antara dua gol Weah itu. Dan, Rennes akhirnya menyamakan kedudukan menjadi 2-2 lewat gol Serhou Guirassy di masa injury time.

Adapun juara enam kali Ligue 1 Bordeaux terdegradasi meski menang 4-2 di markas Brest dan mengakhiri kiprahnya selama 30 tahun di kompetisi teratas di Prancis. Metz menyusul Bordeaux bermain di Ligue 2 pada musim depan setelah dihantam Paris Saint-Germain 5-0. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.