BREAKING NEWS
 

Menpora: Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah ASEAN Para Games 2022

Reporter & Editor :
SAIFUL BAHRI
Selasa, 28 Juni 2022 20:20 WIB
Menpora Zainudin Amali saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) dengan kementerian dan lembaga terkait membahas persiapan penyelenggaraan ASEAN Para Games Solo 2022 di Auditorium Wisma Kemenpora, Selasa (28/6). (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menpora Zainudin Amali menegaskan Indonesia siap menyelenggarakan ASEAN Para Games 2022 yang akan digelar di Solo pada 17 Juli mendatang.

Hal itu disampaikan Menpora usai memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) dengan kementerian dan lembaga terkait membahas persiapan penyelenggaraan ASEAN Para Games Solo 2022 di Auditorium Wisma Kemenpora, Selasa (28/6). 

“Secara keseluruhan sesuai rencana. Kita optimis siap menjadi tuan rumah penyelenggara ASEAN Para Games,” ujar Menpora Amali.

Rapat juga membahas kesiapan mengantisipasi merebaknya pandemi Covid-19. Apalagi, omicron varian baru yakni B4 dan B5 yang dianggap lebih parah dari varian Delta karena menyerang paru-paru sudah masuk Indonesia.  

Baca juga : PSSI-Kemenpora Siap Terima Israel Yang Lolos Final Piala Dunia U-20

“Kuncinya menjaga kedisiplinan, mohon tetap kita kembali ke seperti saat (Covid-19) varian Delta yang dulu, masker jangan sampai dilepas. Jadi sekarang sudah mulai naik dan perkiraannya pada saat itu kita sedang puncak-puncaknya (pandemi),” katanya.

Terkait keamanan, Menpora Amali menekankan agar Indonesia sebagai tuan rumah harus memberikan kenyamanan dan keamanan bagi peserta siapapun yang datang ke Indonesia.

“Presiden Jokowi dijadwalkan membuka acara ini. Kita akan tunjukkan bahwa kita menjadi tuan rumah yang baik, kita akan melayani semua negara yang menjadi peserta tanpa diskriminasi,” jelasnya.

Adsense

Pada kesempatan tersebut, Menpora juga menunjuk Andi Herman sebagai Chef de Mission (Cdm) Kontingen Indonesia di ajang olahraga disabilitas se-ASEAN tersbeut.

Baca juga : Ganda Putri Indonesia Siap Tempur Di Malaysia Open 2022

“Saya sudah mengeluarkan keputusan atas usulan dari Ketum NPC (National Paralympic Committee) bahwa yang menjadi Chef de Mission kontingen Indonesia adalah Bapak Andi Herman,” katanya.

Herman yang menjabat Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah karena dianggap berpengalaman dan pernah menjadi CdM kontingen Indonesia pada ajang Paralimpiade Tokyo 2020.

Selain itu, alasan lainnya adalah karena kegiatan ini diselenggarakan di Surakarta dan sejumlah wilayah di Jawa Tengah.

Wali Kota Solo yang juga Ketua Pelaksana Indonesia ASEAN Para Games 2022 Organizing Committee (INASPOC), Gibran Rakabuming Raka mengatakan rasa bangganya Kota Solo untuk kedua kalinya menjadi tuan rumah ASEAN Para Games. Semua persiapan pun sudah dilakukan.

Baca juga : Jokowi Teken Perpres ASEAN Para Games 2022

“Persiapannya sudah sangat matang, untuk venue, untuk hotel-hotel, para volunteer sudah sangat siap sekali,” katanya.

Gibran pun mengaku tambah bersemangat karena dukungan dari kementerian terkait, TNI-Polri serta Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.“Semuanya full support agar acara ini bisa berjalan dengan lancar,” tukasnya. ■

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense