Dark/Light Mode

Imam Besar Masjid Istiqlal Dilirik Jadi Pendamping Ganjar Pranowo

Rusli Effendi: Kami Akan Bahas Lebih Jauh Lagi

Sabtu, 20 Mei 2023 07:44 WIB
Wakil Ketua Umum PPP Rusli Effendi. (Foto: Istimewa).
Wakil Ketua Umum PPP Rusli Effendi. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden,Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mencari figur Calon Wakil Presiden (Cawa­pres). Saat ini, kabarnya ada 10 kandidat Cawapres.

Politisi PDIP Aria Bima yakin, ada tokoh dari Nahdlatul Ulama (NU). Sebab, menurut dia, ada kecenderungan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memilih tokoh NU menjadi Cawapres.

“Dengan mengikutsertakan Muhammadiyah menjadi bagian komitmen. Ada hal yang substansial, ideologis, untuk Indonesia ke depan,” tambahnya.

Menanggapi itu, Ketua Majelis Pertimbangan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy menyampaikan, Imam Besar Masjid Istiqlal Profesor Nasaruddin Umar, termasuk yang dilirik dijadikan cawapresnya Ganjar.

Baca juga : Perempuan Milenial Pendukung Ganjar Tanam Pandan Laut Dan Bersih-Bersih Pantai

"Kiai Nasaruddin Umar termasuk tokoh bangsa yang sedang kami elus-elus menjadi Cawapres," kata politisi berpanggilan Rommy ini.

Menurutnya, pasangan ini dibahas dalam pertemuan enam ketua umum partai politik dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Selasa (2/5).

Wakil Ketua Umum PPP Rusli Effendi mengaku tak mempermasalahkanNasaruddin.

"Tapi, kalau bicara Cawapres, kami belum ada pembicaraan secara personal dengan beliau," ucapnya.

Baca juga : Ganjar Pranowo Resmikan Rumah Pembauran Kebangsaan Jateng

Namun, Direktur Eksekutif Politika Research and Consulting (PRC) Rio Prayogo melihat, hambatan Nasaruddin adalah restu dari partai koalisi. "Nasaruddin belum begitu dekat dengan partai-partai," katanya.

Berikut wawancara dengan Rusli Effendi mengenai hal tersebut.

Nama Nasaruddin Umar disebut-sebut sebagai bakal Cawapres. Sebagai partai pendukung Ganjar, bagaimana tanggapan PPP?

Saya kira, Pak Nasaruddin meru­pakan tokoh bangsa. Tentu kami akan bahas dan bicarakan lebih jauh di an­tara partai pendukung Ganjar Pranowo, yakni PDIP dan PPP.

Baca juga : 10 Tahun Jateng Bersholawat Digulirkan, Ganjar Pranowo: Semoga Selalu Menyejukkan Bangsa

Bagaimana sosok Nasaruddin dalam pandangan Anda?

Beliau figur yang mumpuni dari sisi keilmuan, tokoh modernisasi dalam berpikir. Beliau juga tokoh dari wilayah timur dan representasi NU.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.