Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Wapres RI Harap Masjid Istiqlal Osaka Jadi Pusat Sosial Ekonomi

Senin, 6 Maret 2023 21:06 WIB
Wapres RI meresmikan Masjid Istiqlal Osaka, Jepang, Senin, 6 Maret 2023. (Foto Humas Wapres RI)
Wapres RI meresmikan Masjid Istiqlal Osaka, Jepang, Senin, 6 Maret 2023. (Foto Humas Wapres RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin meresmikan Masjid Istiqlal Osaka (MIO) yang dibangun masyarakat Indonesia di Jepang, Senin (6/3).

Menurutnya, MIO akan menjadi bangunan bersejarah termasuk sebagai penanda kontribusi masyarakat Indonesia bagi Islam dan masyarakat Muslim di Jepang, khususnya di wilayah Osaka.

Untuk itu, Wapres mengharapkan MIO agar selain dipergunakan untuk tempat ibadah, juga dimanfaatkan untuk kepentingan ekonomi dan sosial-budaya bagi umat.

Baca juga : Wapres Minta Masjid Raya Syekh Zayed Jadi Corong Kedamaian

“Fungsi masjid semakin berkembang di dunia modern ini. Saya mengharapkan masjid menjadi tempat pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, baik dalam mengembangkan konsep maupun praktiknya,” pesannya.

Lebih lanjut, Wapres pun menyambut baik rencana Pengurus MIO yang akan membangun madrasah dan klinik, selain menjadikan MIO sebagai pusat dakwah di Jepang. Sehingga nantinya MIO tidak hanya megah secara fisik, tetapi turut menjadi pusat kemajuan peradaban Islam.

“Saya juga harapkan MIO dapat menjadi etalase citra dan wajah Islam yang sebenarnya, yang menyejukkan, toleran, maju dan damai,” harapnya.

Baca juga : Soal Capres, Hasto Pakai Jurus Sabar

Wapres juga berpesan kepada pengurus dan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) MIO untuk terus menjaga kebersihan dan keindahan masjid kebanggaan bangsa Indonesia di Jepang ini.

“Saya titip pesan kepada seluruh DKM MIO dan badan pengelola agar menjaga Masjid Istiqlal ini, dikelola secara profesional, sehingga tetap indah, bersih, dan makmur demi kepentingan peribadatan dan kesejahteraan umat,” pesannya.

Wapres tak lupa mengapresiasi dukungan yang diberikan Pemerintah Jepang, khususnya Pemerintah Kota Osaka dalam pembangunan masjid yang dapat menampung hingga 1.500 jamaah ini.

Baca juga : Tuan Guru Harap Majelis Taklim Jadi Magnet Generasi Muda Belajar Agama

“Saya sampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintah Jepang, khususnya Gubernur Osaka, yang telah memberikan dukungan atas pendirian masjid ini,” pungkasnya.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.