Dark/Light Mode

Usakti Beri Pelatihan Pembuatan Lumpur Pemboran Di SMK Migas Cibinong

Sabtu, 15 Juli 2023 17:40 WIB
Pelatihan pembuatan lumpur pemboran yang dilakukan Tim PkM FTKE Universitas Trisakti, di SMK Migas Cibinong. (Foto: Dok. Usakti)
Pelatihan pembuatan lumpur pemboran yang dilakukan Tim PkM FTKE Universitas Trisakti, di SMK Migas Cibinong. (Foto: Dok. Usakti)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi (FTKE) Universitas Trisakti (Usakti) mengadakan kegiatan pengenalan fluida pemboran dan pelatihan pembuatan lumpur pemboran berbahan dasar air asin, di SMK Migas Cibinong, Jawa Barat. Kegiatan ini dilakukan untuk memperkenalkan peralatan dan bahan pembuatan lumpur pemboran kepada laboran dan guru di SMK Migas Cibinong yang sejalan dengan komitmen FTKE Usakti untuk selalu dekat dengan masyarakat melalui kegiatan pengabdian terutama untuk menerapkan ilmu-ilmu atau penemuan kepada masyarakat khususnya di bidang energi kebumian.

Kegiatan PkM ini terselanggara Tim PkM FTKE Usakti bersama pihak SMK Migas Cibinong. PkM terdiri dari dua tim. Tim 1 dengan Ketua Mustamina Maulani serta tim pendukung Bayu Satiyawira Mulia Ginting, Suherman Dwi Nuryana, dan dibantu mahasiswa Kevin Lukas Pearlo, Gabriella Jasmine dan laboran Doddy.

Baca juga : Kiai Muda Ganjar Adakan Pelatihan Membuat Sosis Ikan Laut Untuk Manfaatkan Hasil Tangkapan

Tim 2 dengan Ketua Lisa Samura, pendukung Muhammad Burhannudinnur (Dekan FTKE), Suryo Prakoso (Wakil Dekan 1 FTKE), Maman Djumantara, Cahaya Rosyidan, dan mahasiswa Kevin Lukas Pearlo, Hifzhan Rizki Hidayat dan Mentari Gracia Soekardy.

Wakil Rektor bidang Akademis Universitas Trisakti Prof Asri Nugrahanti menegaskan, pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu tugas dan tanggung jawab dosen yang tertuang dalam Tri Dharma perguruan tinggi. “Salah satu misi Universitas Trisakti adalah meningkatkan peran serta Universitas Trisakti dalam mendukung kebutuhan masyarakat dan industri melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Dalam hal ini, bagi dosen Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi adalah memberikan pengetahuan dan wawasannya pembuatan lumpur pemboran kepada laboran dan guru SMK Migas Cibinong,” ucap Prof Asri, dalam keterangan yang diterima redaksi, Sabtu (15/7).

Baca juga : Pemuda Ganjar Gelar Pelatihan Membuat Pupuk Organik Cair Di Bone

Usakti memandang, siswa SMK Migas merupakan sumber daya manusia yang dipersiapkan untuk mempunyai keahlian tertentu dan terlatih dalam bidangnya. "Maka, mereka perlu diberikan wawasan dan keterampilan dalam pembuatan lumpur pemboran,” jelas Ketua Tim 2 PkM yang juga Kepala Praktikum Software Formation Evaluation Lisa Samura.

Sementara, Ketua Tim 1 PkM Mustamina menyatakan, pihaknya melihat siswa SMK Migas Cibinong mempunyai sumber daya manusia dan potensi untuk dapat berkarier di dunia migas. Maka dari itu, kehadiran tim PkM FTKE Usakti memberikan pelatihan dan wawasan bagaimana membuat lumpur pemboran yang sangat penting dalam pemboran minyak bumi sehingga dapat menumbuhkan sifat percaya diri dari siswa SMK Migas Cibinong.

Baca juga : Santri Ganjar Gelar Pelatihan Kewirausahaan Dan Tanam Bibit Pohon Di Hulu Sungai Tengah

Peserta pelatihan terdiri dari laboran, guru pengampu mata kuliah, serta 20 siswa SMK yang sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Kepala SMK Migas Cibinong Ahmad Romli menyampaikan, pelatihan ini adalah bentuk kontribusi nyata FTKE Usakti kepada pihak sekolah sekaligus memberikan dampak transfer ilmu secara langsung.

"Kami mengucapkan terima kasih atas kegiatan pelatihan fluida pemboran dan lumpur pemboran berbahan dasar air asin sehingga diharapkan tercapai visi mejadi SMK bermutu, unggul merata, berakhlakul karimah, terampil, berkarakter dan berdaya saing di bidang pertambangan dan migas,” ucap Ahmad Romli.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.