Dark/Light Mode

i3L Kembangkan Pangan Fungsional Khas Karang Taruna Penggilingan

Rabu, 20 September 2023 14:00 WIB
Panitia dan peserta kegiatan pengabdian masyarakat i3L di Karang Taruna Penggilingan.
Panitia dan peserta kegiatan pengabdian masyarakat i3L di Karang Taruna Penggilingan.

Pengabdian masyarakat merupakan salah satu tri dharma perguruan tinggi selain pendidikan dan penelitian. Indonesia International Institute for Life Science (i3L), sebagai salah satu salah satu perguruan tinggi di Jakarta, membuat program pengabdian di Karang Taruna Penggilingan sebagai bentuk pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi. Pengabdian ini berjudul Diversifikasi Pangan Fungsional dan Pemanfaatan Hasil Daur Ulang Sampah Organik di Karang Taruna Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur.

Program ini diusulkan tim i3L yang diketuai Desak Putu Ariska Pradnya Dewi, yang merupakan dosen Departemen Teknologi Pangan i3L dengan dana dari DRPM DIKTI Kemendikbudristek melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM). Kegiatan ini mulai direncanakan sejak April 2023 dan dilakukan pendampingan hingga November 2023. Dalam pelaksanaannya, tim pengabdian masyarakat i3L mengajak Karang Taruna Penggilingan sebagai mitra yang akan membantu pelaksanaan program pengabdian ini.

Pengabdian di Karang Taruna Penggilingan dilaksanakan dalam 2 tahap. Tahap 1 sudah terlaksana pada Sabtu, 5 Agustus 2023, dengan judul Sosialisasi dan Workshop Pemilahan dan Pengolahan Sampah serta Penanaman Rimpang yang dikoordinatori Katherine.

Tahap 2 baru saja dilaksanakan pada Minggu, 17 September 2023, yang dipandu oleh salah satu dosen Teknologi Pangan i3L Sulkhan Windrayahya. Acara ini diawali dengan sambutan dari Dedy Rahman selaku Kasi Kesra Kelurahan Penggilingan. Dia berterima kasih atas adanya kegiatan ini dan mengharapkan kerja sama di tingkat kelurahan. Sambutan kedua dari Ketua RW 09 H Qoiman yang berharap fasilitas produksi yang diberikan bisa dikelola dan dimanfaatkan dengan baik. Selain itu, Asep yang mewakili Karang Taruna Penggilingan mengharapkan kegiatan ini berjalan berkelanjutan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan anggota Karang Taruna Penggilingan.

Kegiatan utama pada tahap dua ini berupa sosialisasi pangan fungsional dan pelatihan pembuatan biskuit dan kombucha dari rimpang. Dosen Ilmu Pangan dan Nutrisi i3L Junaida Astina menyampaikan materi pangan fungsional dan cara pembuatan biskuit dari rimpang yang juga merupakan hasil penelitiannya. Dilanjutkan pemaparan materi dari Dosen Teknologi Pangan i3L Desak Putu Ariska Pradnya Dewi tentang pengembangan produk pangan fungsional berupa minuman kombucha berbahan dasar rimpang. Kombucha juga merupakan topik penelitian yang sudah dilakukan Desak selama ini. 

Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 40 peserta dari berbagai macam kalangan yaitu perwakilan dari Karang Taruna Penggilingan dan warga masyarakat Kelurahan Penggilingan. Peserta sangat antusias dalam mengikuti jalannya acara terbukti dengan berbagai macam pertanyaan dan diskusi yang terjadi selama pemaparan materi.

Selain itu, dalam pelatihan pembuatan biskuit dan kombucha, peserta yang dibagi menjadi 5 grup sangat aktif dalam mempraktikkan proses pembuatan pangan fungsional, mulai dari mencampur bahan, mencetak biskuit, hingga meracik minuman kombucha. Pelaksanaan pelatihan ini juga dibantu oleh mahasiswa i3L yaitu Farell, Jemima, Louis, dan Priscil. Setelah produk jadi, peserta mencicipi biskuit yang telah diproduksi dan kombucha yang sudah dibuat sebelumnya. Semua peserta merasa bangga dan senang bisa memproduksi pangan fungsional karya mereka sendiri.

Program diakhiri dengan penyerahan fasilitas produksi biskuit dan kombucha dari Tim Pengabdian Masyarakat i3L kepada Karang Taruna Penggilingan yang diwakili Asep dan disaksikan oleh semua peserta. Beberapa alat produksi yang diberikan yaitu kompor, oven, kulkas, mixer, panci, alat masak, dan bahan untuk produksi biskuit dan kombucha. Karang Taruna Penggilingan diharapkan dapat memproduksi produk khas Kelurahan Penggilingan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan anggota dan menyehatkan masyarakat sekitar.

Sulkhan Windrayahya
Sulkhan Windrayahya
Peserta Program Kemitraan Masyarakat i3L

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.