Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bus Listrik Damri Siap Mengaspal Di Bandara Soetta

Kamis, 25 November 2021 18:39 WIB
Bus Damri. (Foto: Ist)
Bus Damri. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Damri melakukan peluncuran uji coba bus listrik untuk angkutan penumpang rute bandara di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Kamis (25/11). Peluncuran itu sekaligus menandai puncak peringatan ulang tahun Damri ke-75.

Direktur Utama Perum Damri Setia N. Milatia Moemin mengatakan, pengoperasian bus listrik ini adalah komitmen Damri untuk berkontribusi mendorong penggunaan bus listrik berbasis baterai hingga 20 persen dari populasi kendaraan di Indonesia pada 2025.

"Sebelum akhirnya melakukan flag off, Damri sudah mempelajari dan mengkaji penggunaan uji coba operasional bus listrik pada trayek regular dari dan ke bandara. Hal itu untuk memastikan kendaraan tersebut aman dan dapat dioperasikan," katanya, saat uji coba peluncuran bus listrik.

Baca juga : Kasus Positif Naik 393, Nyaris Sepertiganya Disumbang Jakarta

Peluncuran bus listrik Damri merupakan hasil kerja sama antara PT Energi Makmur Buana dengan merek Edison Motors dan PT Sokonindo Automobile dengan merek mikro bus DFSK.

Bus ini diklaim telah memenuhi standar kualitas bodi dan komponen motor listrik. Baterai kendaraan juga disebut-sebut sudah melalui tahap uji.

Milatia menjelaskan, jika seluruh kebijakan pendukung operasional kendaraan listrik terbit, perusahaan akan mengoperasikan bus tersebut secara komersial.

Baca juga : BPIP Lebarkan Sayap JPM Di Bengkulu

"Jika seluruh kebijakan terkait kendaraan listrik sudah ditetapkan, maka Damri siap untuk mengimplementasikannya sejalan dengan keharusan perusahaan untuk bersikap adaptif atas tantangan masa depan," jelasnya.

Untuk tahap pertama, kata Milatia, Damri baru mengoperasikan satu unit kendaraan. Jika telah dibuka untuk komersial, ia memastikan harga tiket akan sama dengan bus konvensional berbahan bakar minyak.

Damri juga membuka peluang kerja sama dengan operator transportasi. Kerja sama ini meliputi pengelolaan kendaraan listrik jenis mikro bus.

Baca juga : Kendaraan Listrik Mejeng Di GIIAS, PLN Siap Sambut Era Baru Otomotif

Selain bus, Damri meluncurkan dua unit kendaraan minibus bebas emisi dengan jarak tempuh 300 kilometer. Kendaraan logistik itu memiliki kapasitas baterai 42 kWh.

Memasuki usia ke-75, lanjut Milatia, Damri juga tengah fokus dalam pengembangan bisnis digital, yaitu e-ticketing system menggunakan aplikasi Damri dan portal www.damri.co.id guna memudahkan pelanggan memesan tiket hanya dengan genggaman telepon pintar.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.