Dewan Pers

Dark/Light Mode

Bandara Soetta Sambut Pesawat Delegasi G20 Dengan Water Salute

Selasa, 7 Desember 2021 15:25 WIB
Penanganan kedatangan delegasi G20 di Bandara Soekarno-Hatta. (Foto: Dok. Angkasa Pura II)
Penanganan kedatangan delegasi G20 di Bandara Soekarno-Hatta. (Foto: Dok. Angkasa Pura II)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bandara Soekarno-Hatta menggelar seremonial penyambutan kedatangan delegasi G20, Senin (6/12). Seremonial penyambutan delegasi ini sekaligus menandakan Bandara Soekarno-Hatta siap mendukung seluruh kegiatan Presidensi Indonesia G20 2022.

Delegasi G20 yang mulai tiba pada pekan ini akan menghadiri Pertemuan Sherpa Ke-1 Presidensi Indonesia G20 2022 yang berlangsung pada 7-8 Desember 2021 di Jakarta.

Berita Terkait : Water Salute Bakal Iringi Penyambutan Delegasi G20 Di Soetta

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi mengatakan seremonial penyambutan dilakukan dengan tradisi water salute sebagai bentuk penyambutan kepada para delegasi.

“Delegasi G20 yang akan mengikuti Pertemuan Sherpa Ke-1 sudah mulai tiba sejak Minggu (5/12). Dan pada Senin (6/12), kami melakukan seremonial melalui tradisi water salute ini sebagai bentuk penyambutan dan penghormatan kepada seluruh delegasi G20," ujar Agus Haryadi melalui keterangan tertulisnya, Selasa (7/12).

Berita Terkait : Bank Mandiri Perkuat Kolaborasi Dengan Ditjen Pajak

Di sisi lain, menurut Agus Haryadi hal ini sekaligus menandakan Bandara Soekarno-Hatta siap mendukung seluruh kegiatan pada Presidensi Indonesia G20 2022.

Tradisi water salute sendiri sudah dikenal di dunia penerbangan sebagai bentuk sambutan atau penghormatan bandara terhadap kedatangan penumpang pesawat, pesawat itu sendiri atau pun maskapai.

Berita Terkait : Bandara Soekarno-Hatta Siap Sambut Kedatangan Delegasi G20

Tradisi water salute dalam menyambut delegasi G20 di Bandara Soekarno-Hatta ini dilakukan oleh dua kendaraan Airport Rescue & Fire Fighting Services (ARFFS) jenis Foam Tender 3000 yang saling berhadapan sejajar di dua sisi jalur taxiway dengan jarak sekitar 95 meter. Lalu saling menembakkan air ke atas dengan sudut 45 derajat dan bertemu di satu titik, sehingga air yang ditembakkan membentuk seperti busur raksasa.
 Selanjutnya