Dark/Light Mode

Produk UMKM Mejeng Di Sherpa Meeting G20

Kamis, 9 Desember 2021 19:59 WIB
Ilustrasi produk UMKM. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi produk UMKM. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Sejalan dengan kondisi saat ini, Presidensi G20 Indonesia mengangkat tema Recover Together, Recover Stronger. Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022 mengusung tiga Topik Utama, yaitu pertama, Arsitektur Kesehatan Global, sebuah upaya Indonesia memperkuat dan menyusun kembali tata kelola dan arsitektur kesehatan global pasca pandemi. Mendorong ASEAN, terutama Indonesia menjadi transfer hub untuk pengembangan dan produksi vaksin.

Kedua, transformasi Berbasis Digital dalam rangka membuat nilai-nilai ekonomi melalui teknologi digital, serta mendorong digitalisasi sektor-sektor yang menjadi mesin pertumbuhan baru.

Baca juga : Ganjar Bawa Jateng Raih Anugerah Meritokrasi 2021

Ketiga, transisi energi, memperluas akses terhadap teknologi menuju energi bersih dan terjangkau, serta pembiayaan untuk mempercepat transisi menuju energi yang lebih berkelanjutan.

Tak hanya itu, Presidensi G20 Indonesia pada 2022 akan berpotensi memberi manfaat bagi perekonomian Indonesia, baik secara langsung, terhadap sektor jasa,perhotelan, transportasi, UMKM, maupun secara tidak langsung melalui dampak terhadap persepsi investor dan pelaku ekonomi.

Baca juga : Dukung UMKM Bangkit, CIMB Niaga Syariah Gelar Haya Online Fest 2021

Selama masa pandemi terjadi peningkatan UMKM yang telah memasuki ekosistem digital yaitu sebanyak 25,6 persen UMKM atau sekitar 16,4 juta pelaku. Di mana 54 persennya adalah UMKM perempuan dan sebanyak 245 koperasi telah mengadopsi teknologi digital.

“Oleh karena itu, keberpihakan G-20 harus mampu kita transformasikan menjadi momentum nyata bagi digitalisasi UMKM dan pemberdayaan perempuan,” ujar Henra.

Baca juga : Perluas Pasar UMKM, PNM Gelar Pameran Di WSBK Mandalika 2021

Menurutnya, momentum tersebut harus diikuti dengan peningkatan pembangunan infrastruktur digital dan kerja sama teknologi, perluasan konektivitas digital secara inklusif, serta peningkatkan literasi digital pelaku UMKM. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.