Dark/Light Mode

Ganjar Bawa Jateng Raih Anugerah Meritokrasi 2021

Kamis, 9 Desember 2021 11:50 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Instagram)
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berhasil membawa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng menerima Anugerah Meritokrasi Tahun 2021 dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Jateng unggul dari Jawa Timur, Jawa Barat dan DKI Jakarta dalam penghargaan ini dengan poin 335,5.

Ganjar menerima langsung penghargaan tersebut di The Westin Grand Ballroom, Surabaya. Selain Jateng, Anugerah Meritokrasi juga diterima Provinsi Sulawesi Selatan, Jawa Timur, dan Bali.

Ganjar menjadi satu-satunya gubernur yang didapuk memberikan testimoni terkait penghargaan meritokrasi tersebut.

Baca juga : Komit Terapkan Sistem Merit, KLHK Raih Penghargaan Meritokrasi

Ganjar pun menceritakan debat panjang yang dialaminya dalam penyusunan UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, yang di dalamnya juga terkait Sistem Merit.

"Saya menyampaikan terima kasih atas keseriusan kawan-kawan dari Pemprov Jawa Tengah yang hari ini Jawa Tengah mendapatkan award dengan kategori sangat baik," ujar Ganjar dalam siaran pers, Kamis (9/12).

Selain Pemprov Jateng, tiga pemerintah kabupaten di Jateng juga mendapat penghargaan. Yakni Pemkab Purworejo, Pemkab Sragen, dan Pemkab Wonogiri dengan kategori Baik. Ganjar mengatakan, penghargaan ini diharapjan memicu Pemprov dan Pemerintah Daerah untuk menerapkan sistem merit dengan lebih baik. Dia juga berharap tidak lagi ada intervensi politik muncul dengan cerita balas jasa.

Baca juga : KPK Terima Anugerah Meritokrasi, Kategori Sangat Baik

"Kasih kesempatan mereka yang kredibel, berintegritas, kompeten untuk duduk (dalam jabatan). Tidak lagi memikirkan soal like and dislike, merit system ini kita dorong agar mengurangi sistem balas jasa," tegasnya.

Ganjar mengatakan, intervensi yang bisa dilakukan kepala daerah dalam hal ini harus mengutamakan faktor seperti integritas dan kompetensi dari ASN itu sendiri.

"Maka meritokrasi sistem yang kemudian KASN sampaikan menurut saya baik. Tinggal KASN menjadi wasit yang baik dan konsultan yang baik. Agar komunikasinya bisa berjalan," tandas Ganjar.

Baca juga : Sekjen MPR: Bukti Reformasi Birokrasi Berjalan

Ketua KASN Agus Pramusinto mengatakan Anugerah Meritokrasi ini bentuk apresiasi tinggi terhadap instansi pemerintah yang telah berhasil menerapkan sistem merit. Pihaknya berharap acara ini dapat mendorong konsistensi dalam menerapkan sistem merit agar terus terjaga.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.