Dark/Light Mode

Program Arus Balik Gratis

Kemenhub Berangkatkan 10.350 Pemudik Kembali Ke Jakarta

Sabtu, 8 Juni 2019 20:21 WIB
Kemenhub melepas pemudik yang akan kembali ke Jakarta melalui program Arus Balik Gratis di Solo, Sabtu (8/6).
Kemenhub melepas pemudik yang akan kembali ke Jakarta melalui program Arus Balik Gratis di Solo, Sabtu (8/6).

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan melepas rombongan pemudik yang akan kembali ke Jakarta secara serentak di beberapa kota. Para penumpang program Balik Gratis ini diberangkatkan dari 5 terminal tipe A di Yogyakarta, Solo, Semarang, Wonogiri, dan Purwokerto.

Pada kesempatan ini, Kemenhub menyediakan sebanyak 1.243 unit bus dengan kapasitas angkut 55.935 orang dan 81 unit truk dengan kapasitas angkut motor 3.645 unit untuk periode mudik dan balik gratis pada Angkutan Lebaran 2019 ini. Di Terminal Tirtonadi Solo pelepasan dilakukan oleh Kepala Subdirektorat Angkutan Barang Direktorat Angkutan Jalan Syaiful Bahri.

Di tempat ini ada 4.000 penumpang yang akan diberangkatkan ke Jakarta dengan menggunakan 89 bus. Secara bersamaan hari ini ada 5 pemberangkatan yaitu di Solo, Semarang, Yogyakarta, Purwokerto, dan Wonogiri dengan total 10.350 orang yang diangkut dengan 230 bus dengan tujuan akhir di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta.

Baca juga : Arus Balik Lebaran, Pertamina Tingkatkan Stok BBM di Tol Trans Jawa

“Harapan kami program ini dapat dilaksanakan secara terus menerus,” kata Syaiful.

Syaiful berharap, penyelenggaraan rangkaian acara mudik gratis ini dapat mengurangi kemacetan di jalur mudik. Sebab, pada saat Angkutan Lebaran, tentu ada peningkatan volume kendaraan yang melintas pada beberapa ruas jalan.

“Pada prinsipnya penyelenggaraan Mudik Bareng Asyik Lancar ini bertujuan untuk mengurangi penggunaan sepeda motor dan kendaraan pribadi sehingga mengurangi beban lalu lintas pada jalur mudik serta untuk mengurangi resiko kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pemudik,” ucap Syaiful.

Baca juga : Kemenhub: Sudah Ada Pergerakan Arus Balik Menuju Jakarta

Secara paralel, di Terminal Giwangan Yogyakarta, pada Sabtu (8/6) pagi rombongan yang dilepas oleh Kepala Seksi Angkutan Barang Umum Subdit Angkutan Barang Direktorat Angkutan Jalan Dody Arifianto bersama Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Purwadi sebanyak 42 bus dengan 1.890 penumpang. Sementara pemberangkatan dari Terminal Giwangan esok hari, Minggu (9/6) akan dilepas sebanyak 19 unit bus dengan 855 penumpang.

Di Terminal Mangkang Semarang rombongan bus dilepas oleh Kepala Subdirektorat Angkutan Perkotaan Direktorat Angkutan Jalan Renhard Ronald dengan bus sejumlah 18 unit yang mengangkut penumpang 546 orang. Selain itu, di Terminal Bulupitu Purwokerto dilepas oleh Kepala Subdirektorat Angkutan Orang Antar Kota Direktorat Angkutan Jalan Deny Kusdyana, dengan jumlah penumpang 590 orang yang diangkut dengan 24 bus.

Sementara M. Andi Rachmatullah selaku Kepala Seksi Angkutan Barang Khusus Subdirektorat Angkutan Barang Direktorat Angkutan Jalan melepas keberangkatan 30 bus dan 1.255 penumpang di Terminal Giri Adipura Wonogiri. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.