Dark/Light Mode

Jasindo Catatkan Premi Bencana Rp 186,8 Miliar Di 2021

Senin, 7 Februari 2022 17:16 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

 Sebelumnya 
Apalagi, Asuransi Jasindo sudah sejak lama memiliki produk asuransi gempa bumi. Secara umum, produk asuransi gempa bumi dibeli oleh tertanggung bersamaan dengan produk asuransi kebakaran. Sehingga, tertanggung memiliki proteksi komprehensif atas aset property-nya dan merupakan jaminan perluasan yang memiliki jaminan.

"Bukan hanya (meng-cover) untuk gempa bumi saja, melainkan juga jaminan untuk risiko letusan gunung berapi dan tsunami," ujarnya.

Baca juga : Top, Perdagangan RI-Swiss Untung Rp 19 Triliun Di 2021

Selain itu, Asuransi Jasindo juga meng-cover akibat bencana banjir. Saat ini, kerugian yang terjadi akibat banjir atau badai hanya dapat di-cover oleh produk asuransi tertentu dengan mengambil perluasan untuk risiko banjir (extended cover).

Perluasan jaminan risiko banjir akan menjamin kerugian yang terjadi akibat banjir, angin topan dan atau badai. Sama halnya dengan perluasan gempa bumi yang menjamin tidak hanya risiko gempa bumi, melainkan juga risiko letusan gunung berapi dan tsunami.

Baca juga : Presiden Resmikan Jalan Bypass Balige Senilai Rp 176 Miliar Di Toba

Ia mencontohkan, untuk asuransi kebakaran atau asuransi kendaraan bermotor, tertanggung hanya akan mendapatkan proteksi atas risiko banjir untuk harta benda yang dipertanggungkan jika mengambil perluasan (extended cover) risiko banjir.

“Mengingat tinggi dan tersebarnya kejadian bencana banjir di Indonesia, maka diperlukan kajian yang lebih mendalam perihal risiko atas bencana ini sehingga industri asuransi dapat memberikan solusi yang lebih relevan atas risiko ini,” pungkas Diwe. I[MA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.