Dark/Light Mode

Jasindo Catatkan Premi Bencana Rp 186,8 Miliar Di 2021

Senin, 7 Februari 2022 17:16 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Asuransi Jasa Indonesia (Asuransi Jasindo), anggota Holding Indonesia Finance Group (IFG) mencatatkan perolehan premi asuransi bencana sebesar Rp 186,8 miliar di tahun 2021.

Direktur Pengembangan Bisnis Asuransi Jasindo, Diwe Novara mengatakan, sepanjang tahun lalu pihaknya mencatat premi asuransi bencana sebesar Rp 186.811.858.980 dengan klaim Rp 678,906,314.78. Sehingga, loss ratio menjadi sebesar 0,36 persen.

Baca juga : Top, Perdagangan RI-Swiss Untung Rp 19 Triliun Di 2021

“Kinerja produk asuransi gempa bumi secara umum tergolong sangat baik dengan rata-rata loss ratio selama 5 tahun sebesar 3,75 persen. Loss ratio tertinggi pada tahun 2019, saat terjadi gempa bumi di Lombok dan Ambon,” ujarnya, dalam keterangan, Senin (7/2).

Menurutnya, kemungkinan terjadinya kerugian akibat bencana tidak dapat dikesampingkan. Terutama, karena Indonesia berada di wiayah “ring of fire Pasifik”.

Baca juga : Presiden Resmikan Jalan Bypass Balige Senilai Rp 176 Miliar Di Toba

Dengan kondisi tersebut, manajemen risiko kebencanaan dan kesiapan terhadap terjadinya bencana alam menjadi sangat penting. Salah satu cara manajemen risiko kebencanaan adalah melakukan risk transfer melalui skema asuransi.

"Industri asuransi dapat menyerap sebagian risiko finansial (financial risk) yang mungkin timbul akibat terjadinya bencana, yang tentunya sangat dibutuhkan untuk menjaga stabilitas keuangan baik personal maupun industrial,” jelasnya.

Baca juga : Peneliti UI Terima Hibah Rp 1,8 Miliar Dari Australia

Diwe mengaku, siap membantu untuk memitigasi risiko kebencanaan melalui skema asuransi. Sehingga, pihaknya dapat mendukung kesiapan Indonesia dalam menghadapi risiko kebencanaan dengan menjadi mitra terdepan yang berkontribusi dalam pemulihan pasca bencana.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.