Dark/Light Mode

Peringati Hari Sampah 2022

Emak emak Kabinet Indonesia Maju Bersama Masyarakat Kelola 151 Ton Sampah

Senin, 21 Februari 2022 15:41 WIB
Gerakan Yuk Pilah Sampah Kabinet Indonesia Maju
Gerakan Yuk Pilah Sampah Kabinet Indonesia Maju

RM.id  Rakyat Merdeka - Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE Kabinet Indonesia Maju), Gerakan Indonesia Bersih (GIB) Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Badan Usaha Milik Negara (KBUMN) dan Ikatan Istri Pimpinan (IIP) BUMN melakukan aksi gerakan “Yuk Pilah Sampah” bersama masyarakat. 

Gerakan sampah ini dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) pada 21 Februari 2022. Aksi Gerakan sampah ini berhaisil memisahkan sebanyak 151 ton sampah ke dalam 5 kategori, yaitu sampah anorganik, sampah organik, sampah kertas, sampah elektronik dan sampah masker.

Ketua Bidang 4 OASE Kabinet Indonesia Maju, dan Penasihat GIB DWP K BUMN – IIP BUMN, Liza Erick Thohir mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah aktif berkolaborasi dalam mendukung aksi Gerakan: Yuk Pilah Sampah. 

Baca juga : Raih Eventori Award 2022, Erick Thohir: Ini Buat Mereka Yang Berjasa Di Belakang Saya

“Kami berharap masyarakat khususnya karyawan dan istri di lingkungan BUMN semakin aktif secara berkesinambungan dalam mengelola sampah, mulai dari rumah sendiri. Tentunya ini akan menjadi kegiatan yang berkelanjutan sehingga dapat memberikan manfaat bagi kelestarian bumi kita sekaligus ikut serta dalam membudayakan ekonomi sirkular,” ujar Liza dalam keterangannya, Senin (21/2)

Kegiatan Gerakan: Yuk Pilah Sampah selama 3 hari, yaitu 14 – 16 Februari 2022, melibatkan 20,508 orang relawan dari OASE Kabinet Indonesia Maju, DWP K BUMN dan 65 Ikatan Istri Karyawan (IIK) BUMN. 

Dari total 151 ton sampah yang berhasil dipilah, sebanyak 56 Ton sampah anorganik, 53 ton sampah organik, 29 Ton sampah kertas dan 7 Ton sampah elektronik berhasil dikumpulkan. 
Ia mengatakan, kegiatan ini berhasil menjangkau relawan dari seluruh Indonesia. Tercatat relawan dari 34 provinsi telah mengikuti gerakan ini. Hasil pemilahan sampah ini kemudian diserahkan ke fasilitas bank sampah/pengepul sampah/pendaur ulang sampah terdekat. 

Baca juga : Pariwisata Mulai Bergeliat, Trinseo Ajak Masyarakat Kelola Sampah Berbasis Ekonomi Sirkular

Untuk sampah organik, para relawan disarankan melakukan pengomposan mandiri di rumah. Pada jenis sampah masker, tidak dilakukan penimbangan dan distribusi dengan memperhatikan kondisi tingginya kasus Covid-19.

Selain melakukan aksi memilah sampah, GIB DWP K BUMN – IIP BUMN juga menyelenggarakan kampanye dalam rangka menyemarakkan Hari Peduli Sampah Nasional dengan menggelar kompetisi video melalui media sosial TikTok dengan hashtag #Haripedulisampahnasional2022.

Aksi pilah sampah ini diharapkan tidak berhenti sampai disini, melainkan terus dilakukan sebagai sebuah gerakan berkesinambungan melalui berbagai kegiatan yang secara langsung dapat memberikan manfaat terutama dalam  pengelolaan sampah rumah tangga secara efektif.  Selain itu, aksi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian ibu-ibu keluarga besar BUMN, dalam rangka berkontribusi aktif turut menjaga kelestarian lingkungan, terutama dalam pengelolaan sampah di rumah tangga masing-masing. [MFA]

Baca juga : Lagi, Persija Keok Lawan Tim Papan Bawah


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.