Dark/Light Mode

Survei BI: Keyakinan Konsumen Menurun Di Februari

Rabu, 9 Maret 2022 19:09 WIB
Gedung Bank Indonesia (BI). (Foto: Istimewa)
Gedung Bank Indonesia (BI). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Sementara itu secara spasial, keyakinan konsumen pada Februari 2022 terpantau melemah di 16 kota yang disurvei, dengan penurunan terdalam terjadi di kota Mataram (minus 20 poin), Banjarmasin (minus 14,1 poin), Jakarta (minus 10,9 poin), dan Makassar (minus 0,9 poin).

Pada saat yang sama, konsumen mempersepsikan kondisi ekonomi saat ini belum sesuai yang diharapkan.

"Ditengarai, ini sejalan dengan meningkatnya kasus Covid-19 dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang lebih ketat di berbagai wilayah di Indonesia," sambung Erwin.

Baca juga : Peneliti : Perlindungan Konsumen Kudu Diperkuat Lewat Revisi UU PK

Lebih lanjut Erwin mengatakan, penyebab melemahnya IKE adalah melemahnya seluruh komponen pembentuknya. Di mana yang terdalam ada pada Indeks Penghasilan Saat Ini yang tercatat sebesar 102,5 atau turun sebesar -9,4 dari bulan sebelumnya.

Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja dan Indeks Pembelian Durable Goods juga tercatat turun masing-masing sebesar minus 6,6 dan minus 0,3 poin menjadi 89,9 dan 94.

Secara spasial, penurunan IKE terjadi di 11 kota yang disurvei dengan penurunan terdalam di kota Banjarmasin (minus 20,0 poin), diikuti Mataram (minus 18,8 poin) dan DKI Jakarta (minus 13,6 poin).

Baca juga : SIM Keliling Polda Metro Untuk 26 Februari, Cek Di Sini

Adapun IEK Februari yang tidak setinggi bulan sebelumnya disebabkan oleh penurunan seluruh komponen indeks pembentuknya.

Pada periode tersebut, Indeks Ekspektasi Penghasilan, Indeks Ekspektasi Ketersediaan Lapangan Kerja, dan Indeks Ekspektasi Kegiatan Usaha menurun dari bulan sebelumnya.

"Masing-masing tercatat sebesar 135,3, 129,7, dan 127,4. Secara spasial, IEK Februari 2022 tercatat turun di 17 kota yang disurvei, dengan penurunan terbesar di Makassar (minus 25,7 poin), diikuti Mataram (minus 21,2 poin) dan Manado (minus 15,9 poin)," tegas Erwin. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.